Home        Jadwal Misa        Renungan        Facebook        Sekretariat        Hubungi Kami        Pencarian    
    Home
    ::Tentang Paroki
    ::Wilayah Nazareth
    ::Wilayah Yerusalem
    ::Wilayah Taman Zaitun
    ::Wilayah Damaskus
    ::Wilayah Korintus
    ::Wilayah Roma
    ::Wilayah Bethlehem
    ::Wilayah Efesus
    ::Wilayah Galilea
    ::Wilayah Tesalonika
    ::Wilayah Lourdes
    Romo-romo yang Berkarya
    Liputan Kegiatan
    Foto Kegiatan
    Video Kegiatan
    Kalender Kegiatan
    Liturgi
    Katekese
    Sharing Iman
    Santo Pekan Ini
    Panti Asuhan BENIH KASIH
    Jadwal
    ::Jadwal Misa
    ::Baptis Balita
    ::Baptis Dewasa
    ::Komuni Pertama
    ::Krisma
    ::Pengakuan Dosa
    ::Perkawinan
    ::Komunitas
Visitor:

292877




TENTANG PAROKI

Paroki Santo Marinus Yohanes

SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda



Di Komplek perumahan TNI – AL Kenjeran telah berdiri Paroki Santo Marinus Yohanes yang beralamat di Jl. Memet Sastra Wirya No. 1, Surabaya. Bagi warga yang beragama Katolik pelayanan rohani Katolik hanya dapat dilakukan dengan baik jika sarana penunjang sekitar wilayah tersebut memadai. Dengan tumbuh kembangnya pemukiman umum di sekitar wilayah ini dan membaiknya komunikasi, transportasi maka keberadaan suatu Paroki yang mandiri menjadi suatu tuntutan mutlak.

Kilas balik berdirinya Paroki Santo Marinus Yohanes di sadur dari buku Sejarah Perkembangan Keuskupan Surabaya oleh Rm JVS Tondowidjojo, CM Jilid II C

Pelayanan kepada umat ditangani oleh Rm A. Siswadi, CM Romo Angkatan Laut pada waktu itu Misa Kudus diadakan setiap bulan satu kali di rumah Kel. Wawolumaya jl. Saliman 21. Setelah umat bertambah kemudian meminjam tempat dari Angkatan Laut yaitu SD Hang Tuah. Pada awal tahun 1969 pelayanan untuk umat diserahkan kepada Paroki Kristus Raja. Umat dilayani dari Paroki Kristus Raja oleh Romo E. Van Mensvoort, CM.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima Daerah Angkatan Laut 4 Nomor: Daerah 4, 4535.1.71 tanggal 5 Maret 1971 sebidang tanah dengan ukuran 115 m x 55 m di jl. Memet Sastrawirya diserahkan kepada panitia pembangunan gereja katolik untuk digunakan sebagai tempat membangun gereja Katolik. Mulailah dibangun gedung gereja kecil yang mula-mula berfungsi sebagai gedung serba guna. Umat dikelompokkan menjadi satu lingkungan atau kring. Pada waktu itu namanya adalah Kring XI A. Bangunan selesai pada tahun 1972 Selanjutnya pelayanan kepada umat diserahkan kepada Romo John Tondowidjojo, CM

Pada tahun 1975 kompleks Angkatan Laut dikembangkan dengan pembangunan rumah-rumah dinas baru. Dari penghuni baru tersebut banyak pula yang beragama Katolik. Jumlah umat mendekati 100 jiwa, terdiri dari keluarga TNI-Al dan TNI-AU. Semua kebutuhan umat pada waktu itu bergantung sepenuhnya kepada paroki. Bila akan Misa Kudus semua keperluan seperti pakaian liturgi harus dipinjam dari paroki dan dikembalikan setelah selesai. Pada waktu itu Misa Kudus hanya pada hari Minggu ke 3 jam 08.15

Pada awal tahun 1980 umat mulai tergugah dan mulai memikirkan kebutuhan gereja. Umat, terutama ibu-ibu berkumpul setiap bulan sekali mulai menabung dan mulai membeli pakaian Putera Altar. Iuran warga ditata kembali tidak sama rata, tetapi ditentukan berdasarkan golongan kepangkatan, karena pada waktu itu hampir semua warga adalah anggota Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Sedikit demi sedikit kebutuhan gereja mulai dibeli dan kerusakan bangunan mulai ditanggulangi. Dengan perkembangan ini, Romo mewenangkan pengelolan kolekte kepada ketua lingkungan. Misa di lingkungan ditambah hari Sabtu Sore pukul 17.00 wib menjelang hari Minggu pertama dalam bulan, sehingga menjadi 2 kali dalam sebulan. Pada waktu itu juga mulai dibangun real estate di Surabaya bagian Timur. Beberapa keluarga penghuni kompleks perumahan Mulyosari mulai berkumpul dan membentuk Kring XII B.

Pada tahun 1982 fasilitas gereja mulai ditambah dengan dibangunnya ruangan untuk Sekolah Minggu atau keperluan lain. Pelayanan Misa Kudus diubah menjadi hari Minggu pertama dan hari Minggu ketiga, semuanya pada pukul 08.15 wib. Pada waktu Romo P Boonekamp, CM Kepala Paroki cuti ke negeri Belanda, Romo John Tondowidjojo, CM sebagai pejabat sementara Kepala Paroki Kristus Raja. Pembagian wilayah diatur berdasarkan letak geografis, sehingga memudahkan koordinasi antar lingkungan di dalam wilayah. Wilayah Surabaya Timur menjadi wilayah D dengan 4 lingkungan dan semua lingkungan mengambil nama pelindung lingkungan. Dalam rangka konsolidasi wilayah, mulai diadakan pertemuan rutin para Ketua Lingkungan dan Wakil Ketua Lingkungan dalam Wilayah D beserta keluarga. Selain itu juga diadakan rekoleksi bersama khusus untuk para Ketua Lingkungan dan staf beserta keluarga.

Pada tanggal 28 Agustus 1983 gedung gereja yang sudah berdiri sejak tahun 1972 dan telah lengkap dapat digunakan sebagai gereja dan diberkati oleh Mgr. A.J. Dibjokarjono, PR Wilayah D juga diresmikan menjadi stasi dalam Paroki Kristus Raja dengan nama stasi Santo Marinus-Johannes. Santo Marinus adalah pelindung Romo M.Dijkstra, CM dan Santo Johannes Pemandi adalah pelindung Romo Wilayah, yaitu Romo John Tondowidjojo, CM Kedua santo tersebut sama-sama dipenggal kepalanya sebagai saksi Kristus atau saksi kebenaran. Tanggal 28 Agustus dipakai sebagai hari stasi. Pelayanan Misa ditingkatkan menjadi setiap Minggu pagi. Kecuali hari Minggu terakhir dalam bulan, kemudian menjadi setiap hari Minggu tanpa kecuali. Jumlah umat terus berkembang seiring dengan semakin berkembangnya pembangunan perumahan di Surabaya bagian Timur. Sejak tahun 1984 sudah mulai terasa bahwa bangunan gereja yang ada tidak mungkin dapat menampung kebutuhan umat untuk beribadah. Suasana Misa menjadi seperti rapat kampanye dengan altar ditengah-tengah dan dikelilingi umat, di kanan, kiri, muka dan belakang. Banyak umat terpaksa berada di luar tanpa bisa melihat altar. Kalau listrik mati dan tanpa sound system otomatis suasana berubah menjadi seperti pasar.

Pada tahun 1986 umat mengadakan aksi amplop pembangunan untuk membangun gereja baru. Untuk itu dimintakan pengukuran resmi kepada TNI-AL, tanah yang digunakan untuk gereja Katolik. Ternyata ukuran tidak cocok dengan yang ada pada skep Pangdaeral-4 tahun 1971. Untuk keperluan ini diadakan penetapan kembali oleh Deputy Logistik Kasal, ukuran tanah menjadi 50 m x 126,5 m dengan luas tidak berubah. Pada tgl 28 Agustus 1987 yang merupakan hari stasi pada waktu itu dilaksanakan upacara peletakan batu pertama pembangunan gereja baru. Pada waktu membangun gedung gereja baru, Paroki Kristus Raja selaku induk dari stasi memberi subsidi selama dua tahun berupa kolekte satu misa sebulan sekali pada waktu umat stasi harus melayani misa di gereja paroki. Bantuan dari Pemerintah dalam hal ini Departemen Agama Rp. 1.000.000.- selanjutnya beaya diusahakan sendiri oleh umat beserta Romo stasi dengan bermacam cara, mulai dari pengedaran amplop sumbangan pembangunan kepada semua kepala keluarga dan usaha lain seperti mengadakan malam dana, bazaar, serta sumbangan berhadiah, mencetak sticker doa perjalanan dari CTC Sanggar Bina Tama, oleh Romo John Tondowidjojo, CM. Tidak lupa sumbangan para dermawan baik dari umat separoki maupun dari luar paroki, bahkan dari luar kotaSurabaya, termasuk di luar umat Katolik sangat besar andilnya dalam pembangunan gedung gereja baru. Sebagian besar dana diusahakan oleh Romo John Tondowidjojo, CM serta kerja keras umat dan semua pihak yang terlibat dalam pembangunan, akhirnya berhasil mempersembahkan sebuah gereja yang cukup besar dan megah dengan arsitektur model joglo. Gereja baru dapat menampung 1.600 umat. Model joglo ini sebenarnya untuk meneruskan Inkulturasi model pembangunan gereja di Pohsarang yang dirintis oleh Romo J. Wolters, CM Di Gereja St Marinus Johannes tampak adanya gaya tradisional Jawa dengan teknologi modern.

Pada tanggal 31 Maret 1990 gedung gereja baru diresmikan oleh Komandan Pangkalan TNI-AL Surabaya, Laksmana Pertama TNI A. Nawir dan diberkati oleh Bapak Uskup Mgr. A.J. Dibjokarjono Pr Tanggal 31 Maret dijadikan Hari stasi baru. Pada tanggal 31 Maret adalah sekaligus HUT Romo John Tondowidjojo, CM

Sejak tahun 1980 umat dapat dikatakan belajar mandiri tanpa mohon bantuan finansial kepada Paroki. Pengelolaan keuangan stasi diwenangkan kepada stasi sendiri. Syukur kepada Tuhan, usaha mandiri ini telah dimahkotai dengan sebuah gedung gereja baru yang besar. Sejak saat ini stasi dianggap telah cukup dewasa dan selanjutnya diperlakukan sebagai stasi yang dewasa dengan segala kewajiban, yaitu harus menyetor dana solidaritas dan lain-lain ke Keuskupan. Dengan adanya gedung gereja baru yang besar, umat stasi mendapat kehormatan menyelengarakan tahbisan 3 orang frater Diakon menjadi imam pada tanggal 12 Juli 1990. Kehormatan besar bagi sebuah stasi melaksanakan suatu tahbisan imam juga merupakan tanggung jawab yang besar pula yang harus dipikul. Syukur kepada Tuhan, semuanya dapat berlangsung dengan baik.

Pada tahun 1992 tepatnya Hari Raya Kristus Raja pelindung paroki, induk dari stasi ini, umat stasi mendapat kehormatan menyelenggarakan Misa Agung dalam bahasa Jawa lengkap dengan gamelan dalam rangka merayakan lustrum ke 2 Mgr. A.J. Dibjokarjono Pr, menjadi Uskup. Tercatat dengan tinta emas stasi, suatu peristiwa langka terjadi untuk suatu stasi. Dua Uskup hadir dalam misa di gereja stasi. Misa Agung yang dipimpin oleh Mgr. H.J.S. Pandojoputro, O.carm, Uskup Malang berlangsung meriah.

Persiapan untuk menjadi sebuah paroki mulai dirintis oleh umat. Mereka mulai membangun pastoran pada tahun 1992. Atas kerja keras dan usaha untuk meningkatkan kemadiriannya, akhirnya secara resmi stasi ini menjadi Paroki \”Santo Marinus-Johannes\” dengan Romo Parokinya yang pertama Romo L Agus Sudaryanto, CM.

Mulai di resmikan menjadi Paroki dengan nama pelindung Santo Marinus Yohanes pada tanggal 25 Oktober 1996 yang dahulu adalah stasi dari Paroki Kristus Raja.
Jumlah umat dari tahun ke tahun meningkat dari 2812 Jiwa (berdasarkan tulisan Rm JVS Tondowidjojo, CM) hingga sekarang menjadi ± 5 000 Jiwa pada tahun 2012.
Paroki Santo Marinus Yohanes mempunyai 11 Wilayah dan 36 Lingkungan.

Wilayah–wilayah terdiri dari:
  • Nazareth :
    Dharmahusada Permai, Dharmahusada Regency, Wisma Permai Barat
  • Yerusalem :
    Wisma Permai Tengah, Wisma Permai
  • Taman Zaitun :
    Mulyosari Utara, Mulyosari Prima, Mulyosari Mas
  • Damaskus :
    Mulyosari Tengah, Mulyosari BPD, Bhaskarasari, Mulyosari Mapan
  • Korintus :
    Laguna (Pakuwon City), Perum Bumi Marina Emas Tahap I & II, Dian Regency
  • Roma :
    Sutorejo Tengah, Timur, Utara, Selatan, Dharmahusada Mas
  • Bethlehem :
    Sutorejo Prima Utara, Sutorejo Prima Selatan
  • Efesus :
    Komplek TNI – AL, Perumahan Gading Pantai
  • Galilea :
    Perum Pantai Mentari
  • Tesalonika :
    Babatan Pantai Utara, Babatan Pantai Barat, Babatan Pantai, Perum Kenjeran Permai, Kalijudan
  • Lourdes :
    Lebak Jaya III Utara, Lebak Permai, Lebak Indah Utara, Lebak Jaya 5 Utara Rawasan, Dukuh Setro


Lingkungan-lingkungan terdiri dari:

* Santa Maria : Dharma Husada Regency
* Santa Agatha : Dharma Husada Permai
* Santo Kristoforus : Wisma Permai Barat

* Santo Yoh Gabriel P : Wisma Permai Tengah
* Santo Lukas : Wisma Permai

* Santo Matheus : Mulyosari Utara
* Santo Gregorius : Mulyosari Timur
* Santo Fransiskus Asisi : Mulyosari Prima, Mulyosari Mas

* Santo Paulus : Mulyosari Tengah
* Santo Matias : Mulyosari Tengah
* Santo Yosef : Mulyosari BPD
* Santo Markus : Perum Bhaskara Jaya (Bhaskarasari, Bhaskara Tengah, Bhaskara Utara, Bhaskara Selatan)
* Santo Fillipus : Perum Central Park (Mulyosari Mapan)

* Santa Veronica : Taman Mutiara, Laguna Regency, Laguna Virginia Regency
* Santo Edmund : Villa Royal, Villa Reviera,Villa West Wood
* Santa Felisitas : Puri Asri, Griya Asri
* Santo Fransiskus Xaverius: San Diego, San Antonio
* Santa Maria Ratu Rosari : Perum Bumi Marina Emas Tahap I & II, Dian Regency, Sukolilo Regency

* Santo Vincentius A Paolo : Sutorejo Selatan, Sutorejo Utara
* Santo Agustinus : Sutorejo Timur
* Santo Mikhael : Sutorejo Tengah
* Santa Louisa : Dharma Husada Mas

* Santo Petrus : Sutorejo Prima Indah Utara
* Santa Theresia Kanak-kanak Yesus : Sutorejo Prima Indah Selatan

* Santo Andreas : Isman, Sutanto, Suroto
* Santo Yohanes Rasul : Memet, Samlangyu, F Ahuluhelew, Sahabudin, Mistar
* Santo Padre Pio : Perum Gading Pantai

* Santo Rafael : Pantai Mentari
* Santo Gabriel : Pantai Mentari

* Santa Chatarina : Babatan Pantai
* Santo Leonardo : Babatan Pantai Utara, Babatan Pantai Barat, Perum Kenjeran Permai
* Santa Cecilia : Kalijudan

* Santo Stefanus : Lebak Jaya I, Lebak Jaya Utara
* Santo Ignatius Loyola : Lebak Permai, Lebak Permai Utara
* Santo Yakobus : Lebak Timur, Lebaik Indah Utara, Lebak Indah Regency
* Sr Fransiskus Regis Clet: Dukuh Setro
SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda








    Download BULIR

Edisi 30 Agustus 2015
BULIR edisi 30 Agustus 2015


    Info/Pengumuman

  • Pengumuman Paroki (30 Agustus 2015) :
  • Jadwal Petugas Liturgi untuk minggu depan, Wilayah: LOURDES, EFESUS, NAZARETH, ROMA, DAMASKUS.
  • Jadwal Lektor Misa Harian Minggu ini: Senin- Michael Varian Lam; Selasa- Theresia Natalia; Rabu- Irene Viandari Narandini; Kamis- Maria Pauline; Jumat- Alexandra Anna Maria Belinda, Sabtu- Stefani Deni Rahmawati.
  • Seksi Keluarga se kevikepan Surabaya Utara mengadakan seminar keluarga, 'Bahagiakah Keluargaku?' pada hari Minggu ini; pk. 09.00-15.00 di Aula Maria Gereja St. Marinus Yohanes. Peserta seminar dihimbau untuk memarkir kendaraan di Halaman Panti Benih Kasih.
  • Rekoleksi Asisten Imam Lama dan Baru pada hari Minggu ini; pk. 12.00-14.30 WIB; di Wisma Marinus; Narasumber Rm. Puji. Pengumuman ini sebagai undangan.
  • Dalam rangka memperingati HUT RI ke-70, Rekat STMY akan mengadakan Lomba pada hari Minggu ini; pk. 12.00; di Paroki STMY.
  • PDKK Paroki St. Marinus Yohanes mengundang seluruh umat untuk bersekutu bersama memuji dan menyembah Tuhan setiap hari Rabu, pk. 19.00; di Wisma Marinus. Rasakan dan alami hadirat Tuhan pada Pencurahan Roh Kudus, tanggal 12 Agustus dengan pembawa firman Ibu C. Since Rani, tema: “Hidup Dalam Roh.”
  • BIAK STMJ mengadakan lomba dalam rangka HUT RI pada tanggal 16 Agustus pk. 07.30. Pendaftaran di depan gereja setelah misa.
  • Dibuka pendaftaran Baru Kursus Menjahit WKRI, kursus dimulai tanggal 22 Agustus. Bagi yang berminat dapat menghubungi: Sekretariat Paroki (3893891), Ibu Paulinus (081357235461), Ibu Sonya Monica (081235061169).
  • Pertemuan Lansia Simeon pada hari Sabtu, 22 Agustus; pk. 09.00 WIB; di Wisma Marinus. Acara rutin ada penyuluhan kesehatan tentang Vaksin Herpes Zoster oleh dr. Tjendrawati Ongko. Memakai seragam merah.
  • Dibuka kelas Katekumen dewasa yang akan dimulai pada hari Senin, 24 Agustus; pk. 18.00 WIB; di Ruang Emanuel.
  • Paroki akan membuat Kalender 2016, untuk itu dimohon setiap Wilayah dan ORKA mengirimkan foto2 kegiatannya, berupa 1 CD dan Tiap CD max 14 foto.
  • Paduan Suara kaum muda 'Laudate Dominum Choir' Paroki St. Marinus Yohanes mengajak teman-teman usia remaja hingga dewasa, untuk bernyanyi dalam pelayanan bersama. Latihan setiap hari Jumat malam dan Minggu siang. CP Juliarto Hp 085931174502.
  • Sumbangan untuk Panti 08-28 Juli, dari keluarga: Eddy Tjoa, Churtis Shoes, Tan Wan Tjao, Christoforus, Christine, Djuanda Mulyo, NN, Roland, Bu Linda, Laurensia Evelyn, Bpk/Ibu Dalio, Iwan Budi Prasetyo, Tjio David Budiono, Budiono Solikin, Rony Setiawan, Dwi Meinindah, Gunawan Sunjoto, Ambaryanti Setiobu, The Florentina, Frans Tedjokusuma, Anizar Ayuningsih, BGKP, Henlien Sutanto, Darius Armandhany, Catarina Kristin, Maria, Priska, Merila, Andy Haryanto, Elda Robin Ravi Suteja, Juliani Adrea, Miriani Hartono, Johanna Tanor, Yulius Eriks, Yulius Tedja, Kartini, Rosewati, Jei Sen Hwa, Yosy Yusran, Merila, Arsan, Ani, Samuel, Rianto Ang, Wil. Eduardus KR, Yuli. Terimakasih atas partisipasinya. Rekening Panti Asuhan Benih Kasih: BCA a/c 3893896666 a/n Tandya Sukmana/Selvyna Thia.
  • AKAN DITAHBISKAN MENJADI IMAM 5 FRATER DIAKON, yaitu:
  • 1. Dominicus Mardiyantto Rudi Septiadi
  • dari Paroki St. Marinus Yohanes, Surabaya.
  • 2. Gregorius Martia Suhartoyo
  • dari Paroki Yusup, Surabaya
  • 3. Antonius Wiwit Subagyo, CM
  • dari Ratu Damai, Purworejo-Donomulyo, Malang
  • 4. Emanuel Ditia Prabowo, CM
  • dari Paroki St. Willibrordus, Cepu
  • 5. Vincentius Raditya Kurniadi, SVD
  • dari Paroki Hati Kudus Yesus, Lampung.


  • Pengumuman Paroki (30 Agustus 2015) :
  • Jadwal Petugas Liturgi untuk minggu depan, Wilayah: LOURDES, EFESUS, NAZARETH, ROMA, DAMASKUS.
  • Jadwal Lektor Misa Harian Minggu ini: Senin- Michael Varian Lam; Selasa- Theresia Natalia; Rabu- Irene Viandari Narandini; Kamis- Maria Pauline; Jumat- Alexandra Anna Maria Belinda, Sabtu- Stefani Deni Rahmawati.
  • Seksi Keluarga se kevikepan Surabaya Utara mengadakan seminar keluarga, 'Bahagiakah Keluargaku?' pada hari Minggu ini; pk. 09.00-15.00 di Aula Maria Gereja St. Marinus Yohanes. Peserta seminar dihimbau untuk memarkir kendaraan di Halaman Panti Benih Kasih.
  • Rekoleksi Asisten Imam Lama dan Baru pada hari Minggu ini; pk. 12.00-14.30 WIB; di Wisma Marinus; Narasumber Rm. Puji. Pengumuman ini sebagai undangan.
  • Dalam rangka memperingati HUT RI ke-70, Rekat STMY akan mengadakan Lomba pada hari Minggu ini; pk. 12.00; di Paroki STMY.
  • PDKK Paroki St. Marinus Yohanes mengundang seluruh umat untuk bersekutu bersama memuji dan menyembah Tuhan setiap hari Rabu, pk. 19.00; di Wisma Marinus. Rasakan dan alami hadirat Tuhan pada Pencurahan Roh Kudus, tanggal 12 Agustus dengan pembawa firman Ibu C. Since Rani, tema: “Hidup Dalam Roh.”
  • BIAK STMJ mengadakan lomba dalam rangka HUT RI pada tanggal 16 Agustus pk. 07.30. Pendaftaran di depan gereja setelah misa.
  • Dibuka pendaftaran Baru Kursus Menjahit WKRI, kursus dimulai tanggal 22 Agustus. Bagi yang berminat dapat menghubungi: Sekretariat Paroki (3893891), Ibu Paulinus (081357235461), Ibu Sonya Monica (081235061169).
  • Pertemuan Lansia Simeon pada hari Sabtu, 22 Agustus; pk. 09.00 WIB; di Wisma Marinus. Acara rutin ada penyuluhan kesehatan tentang Vaksin Herpes Zoster oleh dr. Tjendrawati Ongko. Memakai seragam merah.
  • Dibuka kelas Katekumen dewasa yang akan dimulai pada hari Senin, 24 Agustus; pk. 18.00 WIB; di Ruang Emanuel.
  • Paroki akan membuat Kalender 2016, untuk itu dimohon setiap Wilayah dan ORKA mengirimkan foto2 kegiatannya, berupa 1 CD dan Tiap CD max 14 foto.
  • Paduan Suara kaum muda 'Laudate Dominum Choir' Paroki St. Marinus Yohanes mengajak teman-teman usia remaja hingga dewasa, untuk bernyanyi dalam pelayanan bersama. Latihan setiap hari Jumat malam dan Minggu siang. CP Juliarto Hp 085931174502.
  • Sumbangan untuk Panti 08-28 Juli, dari keluarga: Eddy Tjoa, Churtis Shoes, Tan Wan Tjao, Christoforus, Christine, Djuanda Mulyo, NN, Roland, Bu Linda, Laurensia Evelyn, Bpk/Ibu Dalio, Iwan Budi Prasetyo, Tjio David Budiono, Budiono Solikin, Rony Setiawan, Dwi Meinindah, Gunawan Sunjoto, Ambaryanti Setiobu, The Florentina, Frans Tedjokusuma, Anizar Ayuningsih, BGKP, Henlien Sutanto, Darius Armandhany, Catarina Kristin, Maria, Priska, Merila, Andy Haryanto, Elda Robin Ravi Suteja, Juliani Adrea, Miriani Hartono, Johanna Tanor, Yulius Eriks, Yulius Tedja, Kartini, Rosewati, Jei Sen Hwa, Yosy Yusran, Merila, Arsan, Ani, Samuel, Rianto Ang, Wil. Eduardus KR, Yuli. Terimakasih atas partisipasinya. Rekening Panti Asuhan Benih Kasih: BCA a/c 3893896666 a/n Tandya Sukmana/Selvyna Thia.
  • AKAN DITAHBISKAN MENJADI IMAM 5 FRATER DIAKON, yaitu:
  • 1. Dominicus Mardiyantto Rudi Septiadi
  • dari Paroki St. Marinus Yohanes, Surabaya.
  • 2. Gregorius Martia Suhartoyo
  • dari Paroki Yusup, Surabaya
  • 3. Antonius Wiwit Subagyo, CM
  • dari Ratu Damai, Purworejo-Donomulyo, Malang
  • 4. Emanuel Ditia Prabowo, CM
  • dari Paroki St. Willibrordus, Cepu
  • 5. Vincentius Raditya Kurniadi, SVD
  • dari Paroki Hati Kudus Yesus, Lampung.


  • Pengumuman Paroki (30 Agustus 2015) :
  • Jadwal Petugas Liturgi untuk minggu depan, Wilayah: LOURDES, EFESUS, NAZARETH, ROMA, DAMASKUS.
  • Jadwal Lektor Misa Harian Minggu ini: Senin- Michael Varian Lam; Selasa- Theresia Natalia; Rabu- Irene Viandari Narandini; Kamis- Maria Pauline; Jumat- Alexandra Anna Maria Belinda, Sabtu- Stefani Deni Rahmawati.
  • Seksi Keluarga se kevikepan Surabaya Utara mengadakan seminar keluarga, 'Bahagiakah Keluargaku?' pada hari Minggu ini; pk. 09.00-15.00 di Aula Maria Gereja St. Marinus Yohanes. Peserta seminar dihimbau untuk memarkir kendaraan di Halaman Panti Benih Kasih.
  • Rekoleksi Asisten Imam Lama dan Baru pada hari Minggu ini; pk. 12.00-14.30 WIB; di Wisma Marinus; Narasumber Rm. Puji. Pengumuman ini sebagai undangan.
  • Dalam rangka memperingati HUT RI ke-70, Rekat STMY akan mengadakan Lomba pada hari Minggu ini; pk. 12.00; di Paroki STMY.
  • PDKK Paroki St. Marinus Yohanes mengundang seluruh umat untuk bersekutu bersama memuji dan menyembah Tuhan setiap hari Rabu, pk. 19.00; di Wisma Marinus. Rasakan dan alami hadirat Tuhan pada Pencurahan Roh Kudus, tanggal 12 Agustus dengan pembawa firman Ibu C. Since Rani, tema: “Hidup Dalam Roh.”
  • BIAK STMJ mengadakan lomba dalam rangka HUT RI pada tanggal 16 Agustus pk. 07.30. Pendaftaran di depan gereja setelah misa.
  • Dibuka pendaftaran Baru Kursus Menjahit WKRI, kursus dimulai tanggal 22 Agustus. Bagi yang berminat dapat menghubungi: Sekretariat Paroki (3893891), Ibu Paulinus (081357235461), Ibu Sonya Monica (081235061169).
  • Pertemuan Lansia Simeon pada hari Sabtu, 22 Agustus; pk. 09.00 WIB; di Wisma Marinus. Acara rutin ada penyuluhan kesehatan tentang Vaksin Herpes Zoster oleh dr. Tjendrawati Ongko. Memakai seragam merah.
  • Dibuka kelas Katekumen dewasa yang akan dimulai pada hari Senin, 24 Agustus; pk. 18.00 WIB; di Ruang Emanuel.
  • Paroki akan membuat Kalender 2016, untuk itu dimohon setiap Wilayah dan ORKA mengirimkan foto2 kegiatannya, berupa 1 CD dan Tiap CD max 14 foto.
  • Paduan Suara kaum muda 'Laudate Dominum Choir' Paroki St. Marinus Yohanes mengajak teman-teman usia remaja hingga dewasa, untuk bernyanyi dalam pelayanan bersama. Latihan setiap hari Jumat malam dan Minggu siang. CP Juliarto Hp 085931174502.
  • Sumbangan untuk Panti 08-28 Juli, dari keluarga: Eddy Tjoa, Churtis Shoes, Tan Wan Tjao, Christoforus, Christine, Djuanda Mulyo, NN, Roland, Bu Linda, Laurensia Evelyn, Bpk/Ibu Dalio, Iwan Budi Prasetyo, Tjio David Budiono, Budiono Solikin, Rony Setiawan, Dwi Meinindah, Gunawan Sunjoto, Ambaryanti Setiobu, The Florentina, Frans Tedjokusuma, Anizar Ayuningsih, BGKP, Henlien Sutanto, Darius Armandhany, Catarina Kristin, Maria, Priska, Merila, Andy Haryanto, Elda Robin Ravi Suteja, Juliani Adrea, Miriani Hartono, Johanna Tanor, Yulius Eriks, Yulius Tedja, Kartini, Rosewati, Jei Sen Hwa, Yosy Yusran, Merila, Arsan, Ani, Samuel, Rianto Ang, Wil. Eduardus KR, Yuli. Terimakasih atas partisipasinya. Rekening Panti Asuhan Benih Kasih: BCA a/c 3893896666 a/n Tandya Sukmana/Selvyna Thia.
  • AKAN DITAHBISKAN MENJADI IMAM 5 FRATER DIAKON, yaitu:
  • 1. Dominicus Mardiyantto Rudi Septiadi
  • dari Paroki St. Marinus Yohanes, Surabaya.
  • 2. Gregorius Martia Suhartoyo
  • dari Paroki Yusup, Surabaya
  • 3. Antonius Wiwit Subagyo, CM
  • dari Ratu Damai, Purworejo-Donomulyo, Malang
  • 4. Emanuel Ditia Prabowo, CM
  • dari Paroki St. Willibrordus, Cepu
  • 5. Vincentius Raditya Kurniadi, SVD
  • dari Paroki Hati Kudus Yesus, Lampung.


    Pengumuman Perkawinan

  • Pengumuman Ketiga:
  • Fransiscus Slamet Kurniawan (Ciliwung 5, Banyuwangi) dengan Theresia Yuliana Candra (Mulyosari Prima I).
  • Clemens Fusan Berkat Wijoyo (jl Dinoyo) dengan Celine Kezia (Wisma Permai Barat I).
  • Yohanes Cahyo Trianggono (Jajar Tunggal Utara 4) dengan Maria Immaculata Deassy Roosiana TH (Sutorejo Prima Ut 8).
  • Gabriel Andi Slamet Wibowo (Rangkah III) dengan Maria Eveline Santoso (Wisma Permai Tengah V).
  • Andreas Andri Dharmawan (Pantai Mentari BB) dengan Agnes Novita Ayu Triana Tjuatja (Lebak Timur VA).
  • Fransiskus Xaverius Franky (Karang Empat Timur 2) dengan Andrea Yulianita Sugiono (Mulyosari Prima I).
  • Agustinus Elbert Tanur (Sutorejo Selatan V) dengan Silvia Wijaya (Manyar Kertoadi 10)
  • Albertus Wirahadi Lesmana (Wahito 5A, Probolinggo) dengan Theresia Anneke Bambang (Sutorejo Tengah IV).
  • Filipus Neri Ivan Randy Setyo (East Cost Park) dengan Evelyn Poedjiono (Darmo Harapan Indah 4 UU)
  • Silvester Jimmy Navarro (Mulyosari Mas F5) dengan Stella Cindy Gomesz (Gading Pantai I).

Umat yang mengetahui halangan mereka untuk menikah wajib memberitahukan kepada Romo.


  • Pengumuman Ketiga:
  • Fransiscus Slamet Kurniawan (Ciliwung 5, Banyuwangi) dengan Theresia Yuliana Candra (Mulyosari Prima I).
  • Clemens Fusan Berkat Wijoyo (jl Dinoyo) dengan Celine Kezia (Wisma Permai Barat I).
  • Yohanes Cahyo Trianggono (Jajar Tunggal Utara 4) dengan Maria Immaculata Deassy Roosiana TH (Sutorejo Prima Ut 8).
  • Gabriel Andi Slamet Wibowo (Rangkah III) dengan Maria Eveline Santoso (Wisma Permai Tengah V).
  • Andreas Andri Dharmawan (Pantai Mentari BB) dengan Agnes Novita Ayu Triana Tjuatja (Lebak Timur VA).
  • Fransiskus Xaverius Franky (Karang Empat Timur 2) dengan Andrea Yulianita Sugiono (Mulyosari Prima I).
  • Agustinus Elbert Tanur (Sutorejo Selatan V) dengan Silvia Wijaya (Manyar Kertoadi 10)
  • Albertus Wirahadi Lesmana (Wahito 5A, Probolinggo) dengan Theresia Anneke Bambang (Sutorejo Tengah IV).
  • Filipus Neri Ivan Randy Setyo (East Cost Park) dengan Evelyn Poedjiono (Darmo Harapan Indah 4 UU)
  • Silvester Jimmy Navarro (Mulyosari Mas F5) dengan Stella Cindy Gomesz (Gading Pantai I).

Umat yang mengetahui halangan mereka untuk menikah wajib memberitahukan kepada Romo.


  • Pengumuman Ketiga:
  • Fransiscus Slamet Kurniawan (Ciliwung 5, Banyuwangi) dengan Theresia Yuliana Candra (Mulyosari Prima I).
  • Clemens Fusan Berkat Wijoyo (jl Dinoyo) dengan Celine Kezia (Wisma Permai Barat I).
  • Yohanes Cahyo Trianggono (Jajar Tunggal Utara 4) dengan Maria Immaculata Deassy Roosiana TH (Sutorejo Prima Ut 8).
  • Gabriel Andi Slamet Wibowo (Rangkah III) dengan Maria Eveline Santoso (Wisma Permai Tengah V).
  • Andreas Andri Dharmawan (Pantai Mentari BB) dengan Agnes Novita Ayu Triana Tjuatja (Lebak Timur VA).
  • Fransiskus Xaverius Franky (Karang Empat Timur 2) dengan Andrea Yulianita Sugiono (Mulyosari Prima I).
  • Agustinus Elbert Tanur (Sutorejo Selatan V) dengan Silvia Wijaya (Manyar Kertoadi 10)
  • Albertus Wirahadi Lesmana (Wahito 5A, Probolinggo) dengan Theresia Anneke Bambang (Sutorejo Tengah IV).
  • Filipus Neri Ivan Randy Setyo (East Cost Park) dengan Evelyn Poedjiono (Darmo Harapan Indah 4 UU)
  • Silvester Jimmy Navarro (Mulyosari Mas F5) dengan Stella Cindy Gomesz (Gading Pantai I).

Umat yang mengetahui halangan mereka untuk menikah wajib memberitahukan kepada Romo.


    Rekening Bank :
    >> Renovasi Gereja

BCA Cab. Mulyosari Surabaya
no rek. 3893891885
a.n. Puji Murcahyo Yohanes / Kang Swie Tjen


    >> Panti BENIH KASIH

BCA Cab. Mulyosari Surabaya
no rek. 3893896666
a.n. Tandya Sukmana / Selvyna


    Link


GEREJA KATOLIK PAROKI ST. MARINUS YOHANES
Jl. Memet Sastrawirya no 1 Telp/Fax. 031-3893891 / 3818675 - Surabaya 60121, Jawa Timur
e-Mail: sekretariat@marinusyohanes.org     Web: www.marinusyohanes.org

Copyright © 2009-2015 Gereja Katolik Paroki St. Marinus Yohanes. All right reserved.