Home        Jadwal Misa        Renungan        Facebook        Sekretariat        Hubungi Kami        Pencarian    
    Home
    Tentang Paroki
    ::Wilayah Nazareth
    ::Wilayah Yerusalem
    ::Wilayah Taman Zaitun
    ::Wilayah Damaskus
    ::Wilayah Korintus
    ::Wilayah Roma
    ::Wilayah Bethlehem
    ::Wilayah Efesus
    ::Wilayah Galilea
    ::Wilayah Tesalonika
    ::Wilayah Lourdes
    Romo-romo yang Berkarya
    Liputan Kegiatan
    Foto Kegiatan
    Video Kegiatan
    Kalender Kegiatan
    ::Liturgi
    Katekese
    Sharing Iman
    Santo Pekan Ini
    Panti Asuhan BENIH KASIH
    Jadwal
    ::Jadwal Misa
    ::Baptis Balita
    ::Baptis Dewasa
    ::Komuni Pertama
    ::Krisma
    ::Pengakuan Dosa
    ::Perkawinan
    ::Komunitas
Visitor:

330234




LITURGI

Ibadat Sakramentali

SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda



Saudara/i yang terkasih, pada edisi minggu lalu kita sudah mengenal dan memahami bersama tentang penghayatan iman, pengertian ibadat dan perbe-daan ibadat dengan liturgi. Pada edisi ini pemba-hasan akan dilanjutkan tentang Ibadat Sakramentali yang meliputi: pengertian ibadat sakramentali, perbedaan sakramen dengan sakramentali, makna ibadat sakramentali dan paraliturgi.

Pengertian

Dalam Konsili Lyon II tahun 1274 Gereja secara resmi mengajarkan tentang Tujuh Sakramen. Jadi apa saja yang sebelumnya juga disebut sebagai sakramen, tetapi kemudian tidak termasuk hitungan Tujuh Sakramen tersebut, kini diberi nama Sakramentali. Sejak saat itu Gereja membedakan antara Sakramen dan Sakramentali.

Sakramen, adalah upacara resmi dan suci Agama Katolik untuk bertemu dengan Tuhan dan menerima rahmat Tuhan melalui tanda-tanda. Sakramen ada tujuh macam, dikelompokkan dalam tiga golongan, yaitu:
1. Sakramen Inisiasi: Baptis, Krisma dan Ekaristi.
2. Sakramen Penyembuhan: Rekonsiliasi dan Pengurapan.
3. Sakramen Kemasyarakatan: Imamat dan Perkawinan.

Sakramentali, adalah tanda-tanda suci yang mempunyai kemiripan dengan sakramen-sakramen. Sakramentali menandakan karunia, terutama yang bersifat rohani dan yang diperoleh berkat doa permohonan Gereja.

Perbedaan Sakramen dan Sakramentali

Perbedaan antara Tujuh Sakramen dengan Sakramentali adalah sifat resminya dalam pengertian eklesiologis. Untuk Sakramen:

1. Tujuh Sakramen itu bersifat resmi karena mengungkapkan hakikat diri Gereja.
2. Dalam Tujuh Sakramen, Gereja secara resmi unjuk diri, memperlihatkan siapa dirinya dan apa tugas perutusannya.
3. Pemimpin Perayaan Sakramen biasanya pejabat resmi Gereja, yaitu Imam.

Sedangkan untuk Sakramentali:
1. Sakramentali bukan liturgi atau ibadat yang resmi sebagaimana halnya Sakramen.
2. Dalam Ibadat Sakramentali Gereja tidak menyatakan dirinya secara resmi.
3. Pemimpin Ibadat Sakramentali tidak harus selalu Imam, kecuali Sakramentali tertentu yang malah harus Uskup (Contoh: Pentahbisan Abas, Pem-berkatan Gedung Gereja, Tahbisan Uskup, dll.).

Selain perbedaan di atas, masih ada perbedaan lain, yaitu bahwa di dalam Sakramen dikenal istilah: Forma Sacramenti, sementara dalam Sakramentali tidak ada. Forma Sacramenti adalah rumusan kata-kata yang harus diucapkan pada saat pelayanan atau penerimaan suatu Sakramen secara sah. Setiap Sakramen mempunyai forma sacramenti sendiri yang tidak dapat diubah-ubah. Contohnya: Untuk Perayaan Ekaristi, forma sacramentinya: Seluruh Doa Syukur Agung. Untuk Pembaptisan: "., aku membaptis kamu dalam nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus", dll.

Makna Ibadat Sakramentali

1. Sakramentali disebut mirip dengan Sakramen, karena Sakramentali juga menggunakan aneka simbol yang dipakai dalam Sakramen. Contoh: percikan air suci untuk pemberkatan, mirip dengan Sakramen Baptis. Pemberkatan makanan mirip dengan Perayaan Ekaristi, makanan mirip roti dan anggur. Ibadat pertunangan, mirip dengan Sakramen Perkawinan, karena menyangkut seorang pria dan wanita.

2. Sakramentali merupakan perayaan kerinduan akan Sakramen, karena selalu diarahkan kepada perayaan Sakramen tetapi juga perayaan yang mengalir dari perayaan Sakramen. Contoh: Pemberkatan dengan air suci, terarah pada dan mengalir dari Sakramen Baptis. Doa untuk orang sakit, terarah kepada perayaan Sakramen Pengurapan orang sakit.

3. Sakramentali menandakan karunia yang bersifat rohani. Ibadat Sakramentali pertama-tama lebih melambangkan karunia rohani yang bersifat batiniah. Setelah itu ada sebagian Ibadat Sakra-mentali yang memang memberikan status sosial tertentu. Contoh: kita bandingkan antara pembap-tisan dengan pemberkatan di dahi dengan tanda salib. Sakramen Baptis tidak hanya memberikan karunia rohani yakni persatuan dengan Tuhan Yesus dan pengangkatan sebagai Anak Allah tetapi juga memberikan status yuridis sebagai Anggota Gereja, sedangkan Pemberkatan di dahi dengan tanda salib tidak memiliki efek yuridis apa-apa, namun lebih menandakan karunia rohani bahwa orang itu milik Kristus dan dilindungi olehNya. Sakramentali tertentu meski pertama-tama menandakan karunia rohani, juga memberikan status baru, misal: meja sudah menjadi Altar, jangan untuk makan; gedung sudah menjadi gereja, jangan dipakai untuk tempat tinggal.

4. Sakramentali itu menandakan karunia rohani yang diperoleh berkat doa permohonan Gereja. Dalam Ibadat Sakramentali yang pokok adalah tindakan doa permohonan Gereja, sedangkan Sakramen, bukan hanya tindakan Gereja saja, melainkan terutama tindakan Kristus, yang karunia rahmat sakramentalnya diperoleh menurut makna Ex Opere Operato (berkat perayaan itu sendiri). Meski imannya berdosa sakramennya tetap sah diterimakan karena sebenarnya Kristus sendiri yang bertindak sebagai pelayanan Sakramen. Ibadat Sakramentali lebih merupakan suatu permohonan Gereja yang seluruh rahmat karunianya melulu tergantung pada Allah.

Para Liturgi

Selain Sakramen dan Sakramentali, ada yang disebut Paraliturgi, yaitu kebaktian atau Devosi untuk mendukung kehidupan rohani. Paraliturgi tidak termasuk liturgi resmi meskipun terdapat unsur-unsur ibadat atau liturgi. Yang termasuk paraliturgi yaitu: Pemujaan Sakramen Maha Kudus (Salve), Ibadat persiapan Sakramen Tobat, Ibadat Jalan Salib, Doa Rosario, Drama Kisah Sengsara, dll. Paraliturgi dan Sakramentali keduanya juga sering disebut dengan Ibadat Berkat.

Kita sudah mengenal bersama tentang pengertian ibadat sakramentali, perbedaan sakramen dengan sakramentali, makna ibadat sakramentali dan paraliturgi. Semoga kita dapat lebih memahaminya pada saat mengikuti Perayaan Sakramen atau Ibadat Sakramentali. Pada edisi minggu depan kita akan melanjutkan pembahasan tentang Aneka Ragam Ibadat Sakramentali. (JAD).
SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda






 Liturgi Lainnya :



    Download BULIR

Edisi 19 Oktober 2014
BULIR edisi 19 Oktober 2014


    Info/Pengumuman

  • Pengumuman Paroki (19 Oktober 2014) :
  • Jadwal Petugas Liturgi untuk Minggu depan Wilayah: ROMA, LOURDES, TESALONIKA, TAMAN ZAITUN, GALILEA.
  • Jadwal Lektor Misa Harian Minggu ini: Senin-Kelvin; Selasa-Novita; Rabu-Triduum; Kamis- Triduum; Jumat- Triduum, Sabtu-Edita.
  • Jadwal lomba dalam Rangka HUT Paroki: Lomba outbound, Minggu 26 Oktober; pk. 11.00 WIB; di halaman Gereja St. Marinus Yohanes.
  • Mengundang umat untuk hadir, mendukung pertandingan tenis meja se-keuskupan Surabaya dalam rangka HUT paroki St. Marinus Yohanes ke-18 pada tanggal 25 Oktober; pk. 08.00 WIB sampai selesai; di gedung HCIYS Jl. Kertajaya Indah Timur 6.
  • Persekutuan Doa St. Marinus Yohanes pada hari Rabu, 22 Oktober; pk. 19.00; pembawa firman Rm. Thomas Puji Nurcahyo CM.
  • Misa Triduum dalam Rangka HUT Paroki pada hari Rabu-Jumat, 22-24 Oktober; pk. 18.00 WIB. Untuk misa malam Jumat Legi dan misa harian pagi ditiadakan.
  • Misa HUT Paroki pada hari Minggu, 26 Oktober; pk. 09.30 WIB.
  • Misa Peringatan Arwah: Mohon umat menuliskan nama-nama yang akan didoakan serta menyertakan jam misa dan menyerahkan ke Sekretariat Paroki paling lambat, 28 Oktober. Nama-nama yang didoakan akan ditayangkan melalui LCD.
  • Seksi Pendidikan melalui Program DIAN-OTA membutuhkan Orang Tua Asuh untuk membantu pendidikan anak-anak dari keluarga kurang mampu. Formulir di sekretariat paroki.
  • Kesempatan untuk mengaku dosa setiap hari Sabtu pk. 16.30.
  • Paduan Suara kaum muda 'Laudate Dominum Choir' Paroki St. Marinus Yohanes mengajak teman-teman usia remaja hingga dewasa, untuk bernyanyi dalam pelayanan bersama. Latihan setiap hari Jumat malam dan Minggu siang. CP Juliarto Hp 085931174502.
  • Kursus Menjahit gelombang III, masih memberi kesempatan kepada umat yang masih ingin mendaftar kursus; biaya Rp. 175.000,- pendaftaran di Sekretariat Paroki.
  • Expo Pendidikan Katolik 2014 se-Surabaya dan Sidoarjo pada hari Jumat-Minggu, 7-9 Nopember; pk. 10.00-22.00 WIB; di Galaxy Mall.
  • Sumbangan untuk Panti 08-14 Oktober, dari keluarga: TJENG SIOK ING, FRANSISKUS CHRISTY, RONY SETIAWAN, GO SONNY GOZALI, EVA MARIVI, FRANS TEDJOKUSUMA, ANDREANUS BAYU, JOE RACHMAT, EVELIN PRICILIA, BU SUSI, TAN WAN TJAO, MARIEL S, KWIYONO, BUDI SOEYANTO. Terimakasih atas partisipasinya. Rekening Panti Asuhan Benih Kasih: BCA a/c 3893896666 a/n Tandya Sukmana/Selvyna Thia.


  • Pengumuman Paroki (19 Oktober 2014) :
  • Jadwal Petugas Liturgi untuk Minggu depan Wilayah: ROMA, LOURDES, TESALONIKA, TAMAN ZAITUN, GALILEA.
  • Jadwal Lektor Misa Harian Minggu ini: Senin-Kelvin; Selasa-Novita; Rabu-Triduum; Kamis- Triduum; Jumat- Triduum, Sabtu-Edita.
  • Jadwal lomba dalam Rangka HUT Paroki: Lomba outbound, Minggu 26 Oktober; pk. 11.00 WIB; di halaman Gereja St. Marinus Yohanes.
  • Mengundang umat untuk hadir, mendukung pertandingan tenis meja se-keuskupan Surabaya dalam rangka HUT paroki St. Marinus Yohanes ke-18 pada tanggal 25 Oktober; pk. 08.00 WIB sampai selesai; di gedung HCIYS Jl. Kertajaya Indah Timur 6.
  • Persekutuan Doa St. Marinus Yohanes pada hari Rabu, 22 Oktober; pk. 19.00; pembawa firman Rm. Thomas Puji Nurcahyo CM.
  • Misa Triduum dalam Rangka HUT Paroki pada hari Rabu-Jumat, 22-24 Oktober; pk. 18.00 WIB. Untuk misa malam Jumat Legi dan misa harian pagi ditiadakan.
  • Misa HUT Paroki pada hari Minggu, 26 Oktober; pk. 09.30 WIB.
  • Misa Peringatan Arwah: Mohon umat menuliskan nama-nama yang akan didoakan serta menyertakan jam misa dan menyerahkan ke Sekretariat Paroki paling lambat, 28 Oktober. Nama-nama yang didoakan akan ditayangkan melalui LCD.
  • Seksi Pendidikan melalui Program DIAN-OTA membutuhkan Orang Tua Asuh untuk membantu pendidikan anak-anak dari keluarga kurang mampu. Formulir di sekretariat paroki.
  • Kesempatan untuk mengaku dosa setiap hari Sabtu pk. 16.30.
  • Paduan Suara kaum muda 'Laudate Dominum Choir' Paroki St. Marinus Yohanes mengajak teman-teman usia remaja hingga dewasa, untuk bernyanyi dalam pelayanan bersama. Latihan setiap hari Jumat malam dan Minggu siang. CP Juliarto Hp 085931174502.
  • Kursus Menjahit gelombang III, masih memberi kesempatan kepada umat yang masih ingin mendaftar kursus; biaya Rp. 175.000,- pendaftaran di Sekretariat Paroki.
  • Expo Pendidikan Katolik 2014 se-Surabaya dan Sidoarjo pada hari Jumat-Minggu, 7-9 Nopember; pk. 10.00-22.00 WIB; di Galaxy Mall.
  • Sumbangan untuk Panti 08-14 Oktober, dari keluarga: TJENG SIOK ING, FRANSISKUS CHRISTY, RONY SETIAWAN, GO SONNY GOZALI, EVA MARIVI, FRANS TEDJOKUSUMA, ANDREANUS BAYU, JOE RACHMAT, EVELIN PRICILIA, BU SUSI, TAN WAN TJAO, MARIEL S, KWIYONO, BUDI SOEYANTO. Terimakasih atas partisipasinya. Rekening Panti Asuhan Benih Kasih: BCA a/c 3893896666 a/n Tandya Sukmana/Selvyna Thia.


  • Pengumuman Paroki (19 Oktober 2014) :
  • Jadwal Petugas Liturgi untuk Minggu depan Wilayah: ROMA, LOURDES, TESALONIKA, TAMAN ZAITUN, GALILEA.
  • Jadwal Lektor Misa Harian Minggu ini: Senin-Kelvin; Selasa-Novita; Rabu-Triduum; Kamis- Triduum; Jumat- Triduum, Sabtu-Edita.
  • Jadwal lomba dalam Rangka HUT Paroki: Lomba outbound, Minggu 26 Oktober; pk. 11.00 WIB; di halaman Gereja St. Marinus Yohanes.
  • Mengundang umat untuk hadir, mendukung pertandingan tenis meja se-keuskupan Surabaya dalam rangka HUT paroki St. Marinus Yohanes ke-18 pada tanggal 25 Oktober; pk. 08.00 WIB sampai selesai; di gedung HCIYS Jl. Kertajaya Indah Timur 6.
  • Persekutuan Doa St. Marinus Yohanes pada hari Rabu, 22 Oktober; pk. 19.00; pembawa firman Rm. Thomas Puji Nurcahyo CM.
  • Misa Triduum dalam Rangka HUT Paroki pada hari Rabu-Jumat, 22-24 Oktober; pk. 18.00 WIB. Untuk misa malam Jumat Legi dan misa harian pagi ditiadakan.
  • Misa HUT Paroki pada hari Minggu, 26 Oktober; pk. 09.30 WIB.
  • Misa Peringatan Arwah: Mohon umat menuliskan nama-nama yang akan didoakan serta menyertakan jam misa dan menyerahkan ke Sekretariat Paroki paling lambat, 28 Oktober. Nama-nama yang didoakan akan ditayangkan melalui LCD.
  • Seksi Pendidikan melalui Program DIAN-OTA membutuhkan Orang Tua Asuh untuk membantu pendidikan anak-anak dari keluarga kurang mampu. Formulir di sekretariat paroki.
  • Kesempatan untuk mengaku dosa setiap hari Sabtu pk. 16.30.
  • Paduan Suara kaum muda 'Laudate Dominum Choir' Paroki St. Marinus Yohanes mengajak teman-teman usia remaja hingga dewasa, untuk bernyanyi dalam pelayanan bersama. Latihan setiap hari Jumat malam dan Minggu siang. CP Juliarto Hp 085931174502.
  • Kursus Menjahit gelombang III, masih memberi kesempatan kepada umat yang masih ingin mendaftar kursus; biaya Rp. 175.000,- pendaftaran di Sekretariat Paroki.
  • Expo Pendidikan Katolik 2014 se-Surabaya dan Sidoarjo pada hari Jumat-Minggu, 7-9 Nopember; pk. 10.00-22.00 WIB; di Galaxy Mall.
  • Sumbangan untuk Panti 08-14 Oktober, dari keluarga: TJENG SIOK ING, FRANSISKUS CHRISTY, RONY SETIAWAN, GO SONNY GOZALI, EVA MARIVI, FRANS TEDJOKUSUMA, ANDREANUS BAYU, JOE RACHMAT, EVELIN PRICILIA, BU SUSI, TAN WAN TJAO, MARIEL S, KWIYONO, BUDI SOEYANTO. Terimakasih atas partisipasinya. Rekening Panti Asuhan Benih Kasih: BCA a/c 3893896666 a/n Tandya Sukmana/Selvyna Thia.


    Pengumuman Perkawinan

  • Pengumuman Kedua:
  • Blasius Angarius Yudianto (Mulyosari Prima MS) dengan Sianne Widyawati Halim (Jl Sindoro).
  • Agung A Suprianto (Dukuh Kupang Timur I) dengan Elisabeth Sheely Chandra (Lebak Indah Regency G).
  • Pengumuman Ketiga
  • Erasmus Chee Wai Tuck (CBD Pluit Emporium, Jakarta Utara) dengan Mariana So Sherly Weool (Sutorejo Selatan).
  • Paulus Wira Soetiadi (Mulyosari BPD) dengan Ersita Finansari (Kapas Gading Madya 3 Tengah).
  • Lukas Budi Gunarto (Lebak Timur II) dengan Maria Theresia Paulina Gunawan (Mulyosari Utara I).
  • Alphonsus Marco Gunawan Wibisono (Graha Family) dengan Maria Fenny Theresia (Babatan Pantai IX).
  • Raymundus Indra Prayana (Gatsu Timur II, Denpasar) dengan Margaretha Maria Alacoque Devi Indrawati (Mulyosari Tengah VII).
  • Samuel Eddy K (Kalisari Dharma) dengan Patrisia Nancy Natalia (Mulyosari Prima).

Umat yang mengetahui halangan mereka untuk menikah wajib memberitahukan kepada Romo.


  • Pengumuman Kedua:
  • Blasius Angarius Yudianto (Mulyosari Prima MS) dengan Sianne Widyawati Halim (Jl Sindoro).
  • Agung A Suprianto (Dukuh Kupang Timur I) dengan Elisabeth Sheely Chandra (Lebak Indah Regency G).
  • Pengumuman Ketiga
  • Erasmus Chee Wai Tuck (CBD Pluit Emporium, Jakarta Utara) dengan Mariana So Sherly Weool (Sutorejo Selatan).
  • Paulus Wira Soetiadi (Mulyosari BPD) dengan Ersita Finansari (Kapas Gading Madya 3 Tengah).
  • Lukas Budi Gunarto (Lebak Timur II) dengan Maria Theresia Paulina Gunawan (Mulyosari Utara I).
  • Alphonsus Marco Gunawan Wibisono (Graha Family) dengan Maria Fenny Theresia (Babatan Pantai IX).
  • Raymundus Indra Prayana (Gatsu Timur II, Denpasar) dengan Margaretha Maria Alacoque Devi Indrawati (Mulyosari Tengah VII).
  • Samuel Eddy K (Kalisari Dharma) dengan Patrisia Nancy Natalia (Mulyosari Prima).

Umat yang mengetahui halangan mereka untuk menikah wajib memberitahukan kepada Romo.


  • Pengumuman Kedua:
  • Blasius Angarius Yudianto (Mulyosari Prima MS) dengan Sianne Widyawati Halim (Jl Sindoro).
  • Agung A Suprianto (Dukuh Kupang Timur I) dengan Elisabeth Sheely Chandra (Lebak Indah Regency G).
  • Pengumuman Ketiga
  • Erasmus Chee Wai Tuck (CBD Pluit Emporium, Jakarta Utara) dengan Mariana So Sherly Weool (Sutorejo Selatan).
  • Paulus Wira Soetiadi (Mulyosari BPD) dengan Ersita Finansari (Kapas Gading Madya 3 Tengah).
  • Lukas Budi Gunarto (Lebak Timur II) dengan Maria Theresia Paulina Gunawan (Mulyosari Utara I).
  • Alphonsus Marco Gunawan Wibisono (Graha Family) dengan Maria Fenny Theresia (Babatan Pantai IX).
  • Raymundus Indra Prayana (Gatsu Timur II, Denpasar) dengan Margaretha Maria Alacoque Devi Indrawati (Mulyosari Tengah VII).
  • Samuel Eddy K (Kalisari Dharma) dengan Patrisia Nancy Natalia (Mulyosari Prima).

Umat yang mengetahui halangan mereka untuk menikah wajib memberitahukan kepada Romo.


    Rekening Bank :
    >> Renovasi Gereja

BCA Cab. Mulyosari Surabaya
no rek. 3893891885
a.n. Puji Murcahyo Yohanes / Kang Swie Tjen


    >> Panti BENIH KASIH

BCA Cab. Mulyosari Surabaya
no rek. 3893896666
a.n. Tandya Sukmana / Selvyna


    Link


GEREJA KATOLIK PAROKI ST. MARINUS YOHANES
Jl. Memet Sastrawirya no 1 Telp/Fax. 031-3893891 / 3818675 - Surabaya 60121, Jawa Timur
e-Mail: sekretariat@marinusyohanes.org     Web: www.marinusyohanes.org

Copyright © 2009-2014 Gereja Katolik Paroki St. Marinus Yohanes. All right reserved.