Home        Jadwal Misa        Renungan        Facebook        Sekretariat        Hubungi Kami        Pencarian    
    Home
    Tentang Paroki
    ::Wilayah Nazareth
    ::Wilayah Yerusalem
    ::Wilayah Taman Zaitun
    ::Wilayah Damaskus
    ::Wilayah Korintus
    ::Wilayah Roma
    ::Wilayah Bethlehem
    ::Wilayah Efesus
    ::Wilayah Galilea
    ::Wilayah Tesalonika
    ::Wilayah Lourdes
    Romo-romo yang Berkarya
    Liputan Kegiatan
    Foto Kegiatan
    Video Kegiatan
    Kalender Kegiatan
    ::Liturgi
    Katekese
    Sharing Iman
    Santo Pekan Ini
    Panti Asuhan BENIH KASIH
    Jadwal
    ::Jadwal Misa
    ::Baptis Balita
    ::Baptis Dewasa
    ::Komuni Pertama
    ::Krisma
    ::Pengakuan Dosa
    ::Perkawinan
    ::Komunitas
Visitor:

677156




LITURGI

Ibadat Sakramentali

SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda



Saudara/i yang terkasih, pada edisi minggu lalu kita sudah mengenal dan memahami bersama tentang penghayatan iman, pengertian ibadat dan perbe-daan ibadat dengan liturgi. Pada edisi ini pemba-hasan akan dilanjutkan tentang Ibadat Sakramentali yang meliputi: pengertian ibadat sakramentali, perbedaan sakramen dengan sakramentali, makna ibadat sakramentali dan paraliturgi.

Pengertian

Dalam Konsili Lyon II tahun 1274 Gereja secara resmi mengajarkan tentang Tujuh Sakramen. Jadi apa saja yang sebelumnya juga disebut sebagai sakramen, tetapi kemudian tidak termasuk hitungan Tujuh Sakramen tersebut, kini diberi nama Sakramentali. Sejak saat itu Gereja membedakan antara Sakramen dan Sakramentali.

Sakramen, adalah upacara resmi dan suci Agama Katolik untuk bertemu dengan Tuhan dan menerima rahmat Tuhan melalui tanda-tanda. Sakramen ada tujuh macam, dikelompokkan dalam tiga golongan, yaitu:
1. Sakramen Inisiasi: Baptis, Krisma dan Ekaristi.
2. Sakramen Penyembuhan: Rekonsiliasi dan Pengurapan.
3. Sakramen Kemasyarakatan: Imamat dan Perkawinan.

Sakramentali, adalah tanda-tanda suci yang mempunyai kemiripan dengan sakramen-sakramen. Sakramentali menandakan karunia, terutama yang bersifat rohani dan yang diperoleh berkat doa permohonan Gereja.

Perbedaan Sakramen dan Sakramentali

Perbedaan antara Tujuh Sakramen dengan Sakramentali adalah sifat resminya dalam pengertian eklesiologis. Untuk Sakramen:

1. Tujuh Sakramen itu bersifat resmi karena mengungkapkan hakikat diri Gereja.
2. Dalam Tujuh Sakramen, Gereja secara resmi unjuk diri, memperlihatkan siapa dirinya dan apa tugas perutusannya.
3. Pemimpin Perayaan Sakramen biasanya pejabat resmi Gereja, yaitu Imam.

Sedangkan untuk Sakramentali:
1. Sakramentali bukan liturgi atau ibadat yang resmi sebagaimana halnya Sakramen.
2. Dalam Ibadat Sakramentali Gereja tidak menyatakan dirinya secara resmi.
3. Pemimpin Ibadat Sakramentali tidak harus selalu Imam, kecuali Sakramentali tertentu yang malah harus Uskup (Contoh: Pentahbisan Abas, Pem-berkatan Gedung Gereja, Tahbisan Uskup, dll.).

Selain perbedaan di atas, masih ada perbedaan lain, yaitu bahwa di dalam Sakramen dikenal istilah: Forma Sacramenti, sementara dalam Sakramentali tidak ada. Forma Sacramenti adalah rumusan kata-kata yang harus diucapkan pada saat pelayanan atau penerimaan suatu Sakramen secara sah. Setiap Sakramen mempunyai forma sacramenti sendiri yang tidak dapat diubah-ubah. Contohnya: Untuk Perayaan Ekaristi, forma sacramentinya: Seluruh Doa Syukur Agung. Untuk Pembaptisan: "., aku membaptis kamu dalam nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus", dll.

Makna Ibadat Sakramentali

1. Sakramentali disebut mirip dengan Sakramen, karena Sakramentali juga menggunakan aneka simbol yang dipakai dalam Sakramen. Contoh: percikan air suci untuk pemberkatan, mirip dengan Sakramen Baptis. Pemberkatan makanan mirip dengan Perayaan Ekaristi, makanan mirip roti dan anggur. Ibadat pertunangan, mirip dengan Sakramen Perkawinan, karena menyangkut seorang pria dan wanita.

2. Sakramentali merupakan perayaan kerinduan akan Sakramen, karena selalu diarahkan kepada perayaan Sakramen tetapi juga perayaan yang mengalir dari perayaan Sakramen. Contoh: Pemberkatan dengan air suci, terarah pada dan mengalir dari Sakramen Baptis. Doa untuk orang sakit, terarah kepada perayaan Sakramen Pengurapan orang sakit.

3. Sakramentali menandakan karunia yang bersifat rohani. Ibadat Sakramentali pertama-tama lebih melambangkan karunia rohani yang bersifat batiniah. Setelah itu ada sebagian Ibadat Sakra-mentali yang memang memberikan status sosial tertentu. Contoh: kita bandingkan antara pembap-tisan dengan pemberkatan di dahi dengan tanda salib. Sakramen Baptis tidak hanya memberikan karunia rohani yakni persatuan dengan Tuhan Yesus dan pengangkatan sebagai Anak Allah tetapi juga memberikan status yuridis sebagai Anggota Gereja, sedangkan Pemberkatan di dahi dengan tanda salib tidak memiliki efek yuridis apa-apa, namun lebih menandakan karunia rohani bahwa orang itu milik Kristus dan dilindungi olehNya. Sakramentali tertentu meski pertama-tama menandakan karunia rohani, juga memberikan status baru, misal: meja sudah menjadi Altar, jangan untuk makan; gedung sudah menjadi gereja, jangan dipakai untuk tempat tinggal.

4. Sakramentali itu menandakan karunia rohani yang diperoleh berkat doa permohonan Gereja. Dalam Ibadat Sakramentali yang pokok adalah tindakan doa permohonan Gereja, sedangkan Sakramen, bukan hanya tindakan Gereja saja, melainkan terutama tindakan Kristus, yang karunia rahmat sakramentalnya diperoleh menurut makna Ex Opere Operato (berkat perayaan itu sendiri). Meski imannya berdosa sakramennya tetap sah diterimakan karena sebenarnya Kristus sendiri yang bertindak sebagai pelayanan Sakramen. Ibadat Sakramentali lebih merupakan suatu permohonan Gereja yang seluruh rahmat karunianya melulu tergantung pada Allah.

Para Liturgi

Selain Sakramen dan Sakramentali, ada yang disebut Paraliturgi, yaitu kebaktian atau Devosi untuk mendukung kehidupan rohani. Paraliturgi tidak termasuk liturgi resmi meskipun terdapat unsur-unsur ibadat atau liturgi. Yang termasuk paraliturgi yaitu: Pemujaan Sakramen Maha Kudus (Salve), Ibadat persiapan Sakramen Tobat, Ibadat Jalan Salib, Doa Rosario, Drama Kisah Sengsara, dll. Paraliturgi dan Sakramentali keduanya juga sering disebut dengan Ibadat Berkat.

Kita sudah mengenal bersama tentang pengertian ibadat sakramentali, perbedaan sakramen dengan sakramentali, makna ibadat sakramentali dan paraliturgi. Semoga kita dapat lebih memahaminya pada saat mengikuti Perayaan Sakramen atau Ibadat Sakramentali. Pada edisi minggu depan kita akan melanjutkan pembahasan tentang Aneka Ragam Ibadat Sakramentali. (JAD).
SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda






 Liturgi Lainnya :



    Download BULIR

Edisi 15 Oktober 2017
BULIR edisi 15 Oktober 2017


    Info/Pengumuman

  • Pengumuman Paroki (15 Oktober 2017) :
  • Jadwal Petugas Liturgi, untuk Minggu depan Wilayah: TAMAN ZAITUN, GALILEA, WKRI/LEGIO/PDKK, NAZARETH, BETHLEHEM.
  • Jadwal Lektor Misa Novena Minggu ini: Senin - Marcelino Sebastian; Selasa/TRIDUUM - Lansia; Rabu/TRIDUUM- Wil. Roma; Kamis/TRIDUUM- Helena P. Ellen; Jumat - Elizabeth Celine Vivian; Sabtu - T.Y. Frestycillia Artiyo (Vivi).
  • Paroki akan mengadakan Donor Darah pada hari Minggu, 15 Oktober; pk. 08.30 WIB; di Wisma Marinus. Mohon partisipasi dari umat.
  • Pertemuan WKRI Cabang St. Marinus Yohanes pada hari Rabu, 18 Oktober; pk. 17.00 WIB; di Wisma Marinus.
  • PDKK. Paroki St. Marinus Yohanes, pada hari Rabu 18 Juli, pk 19.00 WIB; pembawa firman Ibu Cindy Yuanita. (Pelayanan Doa dapat menghubungi / SMS Ke 081703066688).
  • Pertemuan Lansia Simeon pada hari Sabtu, 21 Oktober; pk. 08.30 WIB; di Wisma Marinus. Memakai seragam biru.
  • Gladi bersih pembawa vandel dan patung Bunda Maria pada hari Jumat, 27 Oktober; pk. 19.00 WIB; di gereja.
  • Misa Syukur HUT Paroki ke-21 pada hari Minggu, 29 Oktober; jam 17.00 WIB. Akan diadakan prosesi perarakan vandel dan patung Bunda Maria. Kepada orka/komunitas teritorial/kategorial yang akan mengikuti, harap mendaftarkan ke Sekretariat Paroki paling lambat 24 Oktober.
  • Peringatan Arwah Semua Orang Beriman pada hari Kamis, 2 Nopember; pk. 05.30 dan 18.00 WIB, umat dapat mengumpulkan nama-nama arwah yang akan didoakan di Sekretariat Paroki.
  • Pemilihan Ketua OMK paroki STMY yang baru periode 2017-2020 akan dilaksanakan pada hari Minggu, 15 Oktober; pk. 18.30 WIB; di aula Maria.
  • Dibuka pendaftaran Payet dan Sulam Pita. Setiap hari Senin dan Rabu, pk. 08.00-12.00, biaya Rp. 750.000,- untuk 8x pertemuan(Sudah termasuk bahan dan buku). Pendaftaran ke Ibu Rufiyanti (0817 335 769).
  • Kursus Mode diadakan setiap hari Selasa dan Kamis, pk. 08.00 WIB; di Aula Maria.
  • Sie Katekese mengundang para lansia yang ingin di baptis tetapi berhalangan tetap untuk mengikuti katekisasi di gereja, silahkan mendaftar di Sekertariat Paroki dengan mengisi formulir secara lengkap dan jelas. Katekis voluntir akan mengunjungi anda dan membantu mempersiapkan anda untuk di baptis. Kunjungan akan dilakukan paling cepat 2 minggu setelah mendaftar.
  • Seksi PENDIDIKAN masih menerima pendaftaran Donatur/Orang Tua Asuh Pendidikan bagi siswa dari keluarga kurang mampu melalui program DIAN-OTA STMY, formulir bisa diambil di sekretariat. Hubungi bp Petrus, 087852707255; bu Endang, 081231479671.
  • Pusat Spiritualitas (PUSPITA) Keuskupan Surabaya mengadakan Doa Senakel pada hari Sabtu, 21 Oktober; pk. 09.30; di Rumah Adorasi Puspita (Jl. Dharmahusada Permai XII/5 N-403).
  • MENGUNDANG Umat Menghadiri KKIT( Kerabat Kerja Ibu Teresa) Bersama Rm.Hersemedi CM - jam 19.00 Sby:1). Adorasi: tiap SELASA [email protected] Kapel Soverdi (sebelah Katedral); 2). Pertemuan Spiritual:tiap SELASAke-3 @ SMAK.St.Maria jl.Ry Darmo 49 Sby; 3). PELAYANAN KASIH:tiap Minggu ke-2 & 4 jam 10.30 @ Liponsos Jl. Keputih Sby; 4). LOVE in ACTION- Info: Januar 081-6544-7977 / Yuni 081.134.3600 / Sita 081-2326-0495.
  • Sumbangan untuk Panti tanggal 4-10 Oktober dari keluarga: Vera, Ibu Theresia, Yosep, Lisa Setyawati, Mary Juwita Litoy, Gunawan Sunjoto, Herman Linawati, Evita S, So Michael Johar, Go Sonny Gozali, NN(2), Riyanti Herlyna, Sri Rahayu Dewi, Ibu Martini S, Maria Lucia Inge, Kresensiana W, Stephani Dwi astuti, Denny Yusuf Tedjo, Iwan Budi Prasetyo, Rudianto Tjahjono, Alexander Suhartono, Jovita Regina, Hunaly Oetomo, Fong Rama Bestari (2), J.Iskandar Gunawan(2), Ivana, Anizar Ayuningsih, Johanes K, Ambaryanti Setiobu, Yosyhea Yosy Yusran, Jenny Sugianto, Yuliani Suharsono, Levi Savitri, Antonnyus Eddi Mar, Lo Lanny Loegiani, Tjan Tranggono, Diana Gerdiman. Terimakasih atas partisipasinya. Rekening Panti Asuhan Benih Kasih: BCA a/c 3893896666 a/n Tandya Sukmana/Selvyna Thia.
  • KEGIATAN HUT PAROKI ST. MARINUS YOHANES TAHUN 2017
  • Lomba Lektor dan Pemazmur hr Minggu, 15 Oktober 2017 pkl : 12.00 - selesai, tempat : Gereja
  • Misa Triduum, Senin 16 Okt s/d Rabu 18 Okt Pkl.18.00, tempat : Gereja
  • Rally Doa, 18-28 Okt, di setiap Wilayah
  • Senam Gemu Famire dan Jalan Sehat, Sabtu, 21 Oktober 2017 pkl : 05.00, tempat : Halaman Gereja
  • Perayaan Ekaristi, Panggung Gembira dan Pesta Umat, Minggu, 29 Oktober 2017 Pkl. 17.00


  • Pengumuman Paroki (15 Oktober 2017) :
  • Jadwal Petugas Liturgi, untuk Minggu depan Wilayah: TAMAN ZAITUN, GALILEA, WKRI/LEGIO/PDKK, NAZARETH, BETHLEHEM.
  • Jadwal Lektor Misa Novena Minggu ini: Senin - Marcelino Sebastian; Selasa/TRIDUUM - Lansia; Rabu/TRIDUUM- Wil. Roma; Kamis/TRIDUUM- Helena P. Ellen; Jumat - Elizabeth Celine Vivian; Sabtu - T.Y. Frestycillia Artiyo (Vivi).
  • Paroki akan mengadakan Donor Darah pada hari Minggu, 15 Oktober; pk. 08.30 WIB; di Wisma Marinus. Mohon partisipasi dari umat.
  • Pertemuan WKRI Cabang St. Marinus Yohanes pada hari Rabu, 18 Oktober; pk. 17.00 WIB; di Wisma Marinus.
  • PDKK. Paroki St. Marinus Yohanes, pada hari Rabu 18 Juli, pk 19.00 WIB; pembawa firman Ibu Cindy Yuanita. (Pelayanan Doa dapat menghubungi / SMS Ke 081703066688).
  • Pertemuan Lansia Simeon pada hari Sabtu, 21 Oktober; pk. 08.30 WIB; di Wisma Marinus. Memakai seragam biru.
  • Gladi bersih pembawa vandel dan patung Bunda Maria pada hari Jumat, 27 Oktober; pk. 19.00 WIB; di gereja.
  • Misa Syukur HUT Paroki ke-21 pada hari Minggu, 29 Oktober; jam 17.00 WIB. Akan diadakan prosesi perarakan vandel dan patung Bunda Maria. Kepada orka/komunitas teritorial/kategorial yang akan mengikuti, harap mendaftarkan ke Sekretariat Paroki paling lambat 24 Oktober.
  • Peringatan Arwah Semua Orang Beriman pada hari Kamis, 2 Nopember; pk. 05.30 dan 18.00 WIB, umat dapat mengumpulkan nama-nama arwah yang akan didoakan di Sekretariat Paroki.
  • Pemilihan Ketua OMK paroki STMY yang baru periode 2017-2020 akan dilaksanakan pada hari Minggu, 15 Oktober; pk. 18.30 WIB; di aula Maria.
  • Dibuka pendaftaran Payet dan Sulam Pita. Setiap hari Senin dan Rabu, pk. 08.00-12.00, biaya Rp. 750.000,- untuk 8x pertemuan(Sudah termasuk bahan dan buku). Pendaftaran ke Ibu Rufiyanti (0817 335 769).
  • Kursus Mode diadakan setiap hari Selasa dan Kamis, pk. 08.00 WIB; di Aula Maria.
  • Sie Katekese mengundang para lansia yang ingin di baptis tetapi berhalangan tetap untuk mengikuti katekisasi di gereja, silahkan mendaftar di Sekertariat Paroki dengan mengisi formulir secara lengkap dan jelas. Katekis voluntir akan mengunjungi anda dan membantu mempersiapkan anda untuk di baptis. Kunjungan akan dilakukan paling cepat 2 minggu setelah mendaftar.
  • Seksi PENDIDIKAN masih menerima pendaftaran Donatur/Orang Tua Asuh Pendidikan bagi siswa dari keluarga kurang mampu melalui program DIAN-OTA STMY, formulir bisa diambil di sekretariat. Hubungi bp Petrus, 087852707255; bu Endang, 081231479671.
  • Pusat Spiritualitas (PUSPITA) Keuskupan Surabaya mengadakan Doa Senakel pada hari Sabtu, 21 Oktober; pk. 09.30; di Rumah Adorasi Puspita (Jl. Dharmahusada Permai XII/5 N-403).
  • MENGUNDANG Umat Menghadiri KKIT( Kerabat Kerja Ibu Teresa) Bersama Rm.Hersemedi CM - jam 19.00 Sby:1). Adorasi: tiap SELASA [email protected] Kapel Soverdi (sebelah Katedral); 2). Pertemuan Spiritual:tiap SELASAke-3 @ SMAK.St.Maria jl.Ry Darmo 49 Sby; 3). PELAYANAN KASIH:tiap Minggu ke-2 & 4 jam 10.30 @ Liponsos Jl. Keputih Sby; 4). LOVE in ACTION- Info: Januar 081-6544-7977 / Yuni 081.134.3600 / Sita 081-2326-0495.
  • Sumbangan untuk Panti tanggal 4-10 Oktober dari keluarga: Vera, Ibu Theresia, Yosep, Lisa Setyawati, Mary Juwita Litoy, Gunawan Sunjoto, Herman Linawati, Evita S, So Michael Johar, Go Sonny Gozali, NN(2), Riyanti Herlyna, Sri Rahayu Dewi, Ibu Martini S, Maria Lucia Inge, Kresensiana W, Stephani Dwi astuti, Denny Yusuf Tedjo, Iwan Budi Prasetyo, Rudianto Tjahjono, Alexander Suhartono, Jovita Regina, Hunaly Oetomo, Fong Rama Bestari (2), J.Iskandar Gunawan(2), Ivana, Anizar Ayuningsih, Johanes K, Ambaryanti Setiobu, Yosyhea Yosy Yusran, Jenny Sugianto, Yuliani Suharsono, Levi Savitri, Antonnyus Eddi Mar, Lo Lanny Loegiani, Tjan Tranggono, Diana Gerdiman. Terimakasih atas partisipasinya. Rekening Panti Asuhan Benih Kasih: BCA a/c 3893896666 a/n Tandya Sukmana/Selvyna Thia.
  • KEGIATAN HUT PAROKI ST. MARINUS YOHANES TAHUN 2017
  • Lomba Lektor dan Pemazmur hr Minggu, 15 Oktober 2017 pkl : 12.00 - selesai, tempat : Gereja
  • Misa Triduum, Senin 16 Okt s/d Rabu 18 Okt Pkl.18.00, tempat : Gereja
  • Rally Doa, 18-28 Okt, di setiap Wilayah
  • Senam Gemu Famire dan Jalan Sehat, Sabtu, 21 Oktober 2017 pkl : 05.00, tempat : Halaman Gereja
  • Perayaan Ekaristi, Panggung Gembira dan Pesta Umat, Minggu, 29 Oktober 2017 Pkl. 17.00


  • Pengumuman Paroki (15 Oktober 2017) :
  • Jadwal Petugas Liturgi, untuk Minggu depan Wilayah: TAMAN ZAITUN, GALILEA, WKRI/LEGIO/PDKK, NAZARETH, BETHLEHEM.
  • Jadwal Lektor Misa Novena Minggu ini: Senin - Marcelino Sebastian; Selasa/TRIDUUM - Lansia; Rabu/TRIDUUM- Wil. Roma; Kamis/TRIDUUM- Helena P. Ellen; Jumat - Elizabeth Celine Vivian; Sabtu - T.Y. Frestycillia Artiyo (Vivi).
  • Paroki akan mengadakan Donor Darah pada hari Minggu, 15 Oktober; pk. 08.30 WIB; di Wisma Marinus. Mohon partisipasi dari umat.
  • Pertemuan WKRI Cabang St. Marinus Yohanes pada hari Rabu, 18 Oktober; pk. 17.00 WIB; di Wisma Marinus.
  • PDKK. Paroki St. Marinus Yohanes, pada hari Rabu 18 Juli, pk 19.00 WIB; pembawa firman Ibu Cindy Yuanita. (Pelayanan Doa dapat menghubungi / SMS Ke 081703066688).
  • Pertemuan Lansia Simeon pada hari Sabtu, 21 Oktober; pk. 08.30 WIB; di Wisma Marinus. Memakai seragam biru.
  • Gladi bersih pembawa vandel dan patung Bunda Maria pada hari Jumat, 27 Oktober; pk. 19.00 WIB; di gereja.
  • Misa Syukur HUT Paroki ke-21 pada hari Minggu, 29 Oktober; jam 17.00 WIB. Akan diadakan prosesi perarakan vandel dan patung Bunda Maria. Kepada orka/komunitas teritorial/kategorial yang akan mengikuti, harap mendaftarkan ke Sekretariat Paroki paling lambat 24 Oktober.
  • Peringatan Arwah Semua Orang Beriman pada hari Kamis, 2 Nopember; pk. 05.30 dan 18.00 WIB, umat dapat mengumpulkan nama-nama arwah yang akan didoakan di Sekretariat Paroki.
  • Pemilihan Ketua OMK paroki STMY yang baru periode 2017-2020 akan dilaksanakan pada hari Minggu, 15 Oktober; pk. 18.30 WIB; di aula Maria.
  • Dibuka pendaftaran Payet dan Sulam Pita. Setiap hari Senin dan Rabu, pk. 08.00-12.00, biaya Rp. 750.000,- untuk 8x pertemuan(Sudah termasuk bahan dan buku). Pendaftaran ke Ibu Rufiyanti (0817 335 769).
  • Kursus Mode diadakan setiap hari Selasa dan Kamis, pk. 08.00 WIB; di Aula Maria.
  • Sie Katekese mengundang para lansia yang ingin di baptis tetapi berhalangan tetap untuk mengikuti katekisasi di gereja, silahkan mendaftar di Sekertariat Paroki dengan mengisi formulir secara lengkap dan jelas. Katekis voluntir akan mengunjungi anda dan membantu mempersiapkan anda untuk di baptis. Kunjungan akan dilakukan paling cepat 2 minggu setelah mendaftar.
  • Seksi PENDIDIKAN masih menerima pendaftaran Donatur/Orang Tua Asuh Pendidikan bagi siswa dari keluarga kurang mampu melalui program DIAN-OTA STMY, formulir bisa diambil di sekretariat. Hubungi bp Petrus, 087852707255; bu Endang, 081231479671.
  • Pusat Spiritualitas (PUSPITA) Keuskupan Surabaya mengadakan Doa Senakel pada hari Sabtu, 21 Oktober; pk. 09.30; di Rumah Adorasi Puspita (Jl. Dharmahusada Permai XII/5 N-403).
  • MENGUNDANG Umat Menghadiri KKIT( Kerabat Kerja Ibu Teresa) Bersama Rm.Hersemedi CM - jam 19.00 Sby:1). Adorasi: tiap SELASA [email protected] Kapel Soverdi (sebelah Katedral); 2). Pertemuan Spiritual:tiap SELASAke-3 @ SMAK.St.Maria jl.Ry Darmo 49 Sby; 3). PELAYANAN KASIH:tiap Minggu ke-2 & 4 jam 10.30 @ Liponsos Jl. Keputih Sby; 4). LOVE in ACTION- Info: Januar 081-6544-7977 / Yuni 081.134.3600 / Sita 081-2326-0495.
  • Sumbangan untuk Panti tanggal 4-10 Oktober dari keluarga: Vera, Ibu Theresia, Yosep, Lisa Setyawati, Mary Juwita Litoy, Gunawan Sunjoto, Herman Linawati, Evita S, So Michael Johar, Go Sonny Gozali, NN(2), Riyanti Herlyna, Sri Rahayu Dewi, Ibu Martini S, Maria Lucia Inge, Kresensiana W, Stephani Dwi astuti, Denny Yusuf Tedjo, Iwan Budi Prasetyo, Rudianto Tjahjono, Alexander Suhartono, Jovita Regina, Hunaly Oetomo, Fong Rama Bestari (2), J.Iskandar Gunawan(2), Ivana, Anizar Ayuningsih, Johanes K, Ambaryanti Setiobu, Yosyhea Yosy Yusran, Jenny Sugianto, Yuliani Suharsono, Levi Savitri, Antonnyus Eddi Mar, Lo Lanny Loegiani, Tjan Tranggono, Diana Gerdiman. Terimakasih atas partisipasinya. Rekening Panti Asuhan Benih Kasih: BCA a/c 3893896666 a/n Tandya Sukmana/Selvyna Thia.
  • KEGIATAN HUT PAROKI ST. MARINUS YOHANES TAHUN 2017
  • Lomba Lektor dan Pemazmur hr Minggu, 15 Oktober 2017 pkl : 12.00 - selesai, tempat : Gereja
  • Misa Triduum, Senin 16 Okt s/d Rabu 18 Okt Pkl.18.00, tempat : Gereja
  • Rally Doa, 18-28 Okt, di setiap Wilayah
  • Senam Gemu Famire dan Jalan Sehat, Sabtu, 21 Oktober 2017 pkl : 05.00, tempat : Halaman Gereja
  • Perayaan Ekaristi, Panggung Gembira dan Pesta Umat, Minggu, 29 Oktober 2017 Pkl. 17.00


    Pengumuman Perkawinan

  • Pengumuman Kedua:
  • Dominikus Ricco Agustinus (Karang Empat) dengan Angela Caroline Senjaya (Mulyosari Tengah).
  • Andreanus Bayusaputra (Lidah Harapan VII) dengan Angelina Kristina Margo (Mulyosari Tengah VII).
  • F.X. Handoko Posasih (Dharma Husada Mas) dengan Tabita Yuliana (Kedungdoro IX).
  • Aloysius Singgih Indrawan (Rungkut Mapan Tengah II) dengan Laurensia Elvira Ivana (Wisma Permai Barat II).
  • Yohanes Ivan Tirta Kusuma (Wisma Permai Tengah XI) dengan Rosa De Lima Lidya Natalia (Pengampon II).

Umat yang mengetahui halangan mereka untuk menikah wajib memberitahukan kepada Romo.


  • Pengumuman Kedua:
  • Dominikus Ricco Agustinus (Karang Empat) dengan Angela Caroline Senjaya (Mulyosari Tengah).
  • Andreanus Bayusaputra (Lidah Harapan VII) dengan Angelina Kristina Margo (Mulyosari Tengah VII).
  • F.X. Handoko Posasih (Dharma Husada Mas) dengan Tabita Yuliana (Kedungdoro IX).
  • Aloysius Singgih Indrawan (Rungkut Mapan Tengah II) dengan Laurensia Elvira Ivana (Wisma Permai Barat II).
  • Yohanes Ivan Tirta Kusuma (Wisma Permai Tengah XI) dengan Rosa De Lima Lidya Natalia (Pengampon II).

Umat yang mengetahui halangan mereka untuk menikah wajib memberitahukan kepada Romo.


  • Pengumuman Kedua:
  • Dominikus Ricco Agustinus (Karang Empat) dengan Angela Caroline Senjaya (Mulyosari Tengah).
  • Andreanus Bayusaputra (Lidah Harapan VII) dengan Angelina Kristina Margo (Mulyosari Tengah VII).
  • F.X. Handoko Posasih (Dharma Husada Mas) dengan Tabita Yuliana (Kedungdoro IX).
  • Aloysius Singgih Indrawan (Rungkut Mapan Tengah II) dengan Laurensia Elvira Ivana (Wisma Permai Barat II).
  • Yohanes Ivan Tirta Kusuma (Wisma Permai Tengah XI) dengan Rosa De Lima Lidya Natalia (Pengampon II).

Umat yang mengetahui halangan mereka untuk menikah wajib memberitahukan kepada Romo.


    Rekening Bank :
    >> Renovasi Gereja

BCA Cab. Mulyosari Surabaya
no rek. 3893891885
a.n. Puji Murcahyo Yohanes / Kang Swie Tjen


    >> Panti BENIH KASIH

BCA Cab. Mulyosari Surabaya
no rek. 3893896666
a.n. Tandya Sukmana / Selvyna


    Link


GEREJA KATOLIK PAROKI ST. MARINUS YOHANES
Jl. Memet Sastrawirya no 1 Telp/Fax. 031-3893891 / 3818675 - Surabaya 60121, Jawa Timur
e-Mail: [email protected]     Web: www.marinusyohanes.org

Copyright © 2009-2017 Gereja Katolik Paroki St. Marinus Yohanes. All right reserved.