Home        Jadwal Misa        Renungan        Facebook        Sekretariat        Hubungi Kami        Pencarian    
    Home
    Tentang Paroki
    ::Wilayah Nazareth
    ::Wilayah Yerusalem
    ::Wilayah Taman Zaitun
    ::Wilayah Damaskus
    ::Wilayah Korintus
    ::Wilayah Roma
    ::Wilayah Bethlehem
    ::Wilayah Efesus
    ::Wilayah Galilea
    ::Wilayah Tesalonika
    ::Wilayah Lourdes
    Romo-romo yang Berkarya
    Liputan Kegiatan
    Foto Kegiatan
    Video Kegiatan
    Kalender Kegiatan
    ::Liturgi
    Katekese
    Sharing Iman
    Santo Pekan Ini
    Panti Asuhan BENIH KASIH
    Jadwal
    ::Jadwal Misa
    ::Baptis Balita
    ::Baptis Dewasa
    ::Komuni Pertama
    ::Krisma
    ::Pengakuan Dosa
    ::Perkawinan
    ::Komunitas
Visitor:

477549




LITURGI

Ibadat Sakramentali

SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda



Saudara/i yang terkasih, pada edisi minggu lalu kita sudah mengenal dan memahami bersama tentang penghayatan iman, pengertian ibadat dan perbe-daan ibadat dengan liturgi. Pada edisi ini pemba-hasan akan dilanjutkan tentang Ibadat Sakramentali yang meliputi: pengertian ibadat sakramentali, perbedaan sakramen dengan sakramentali, makna ibadat sakramentali dan paraliturgi.

Pengertian

Dalam Konsili Lyon II tahun 1274 Gereja secara resmi mengajarkan tentang Tujuh Sakramen. Jadi apa saja yang sebelumnya juga disebut sebagai sakramen, tetapi kemudian tidak termasuk hitungan Tujuh Sakramen tersebut, kini diberi nama Sakramentali. Sejak saat itu Gereja membedakan antara Sakramen dan Sakramentali.

Sakramen, adalah upacara resmi dan suci Agama Katolik untuk bertemu dengan Tuhan dan menerima rahmat Tuhan melalui tanda-tanda. Sakramen ada tujuh macam, dikelompokkan dalam tiga golongan, yaitu:
1. Sakramen Inisiasi: Baptis, Krisma dan Ekaristi.
2. Sakramen Penyembuhan: Rekonsiliasi dan Pengurapan.
3. Sakramen Kemasyarakatan: Imamat dan Perkawinan.

Sakramentali, adalah tanda-tanda suci yang mempunyai kemiripan dengan sakramen-sakramen. Sakramentali menandakan karunia, terutama yang bersifat rohani dan yang diperoleh berkat doa permohonan Gereja.

Perbedaan Sakramen dan Sakramentali

Perbedaan antara Tujuh Sakramen dengan Sakramentali adalah sifat resminya dalam pengertian eklesiologis. Untuk Sakramen:

1. Tujuh Sakramen itu bersifat resmi karena mengungkapkan hakikat diri Gereja.
2. Dalam Tujuh Sakramen, Gereja secara resmi unjuk diri, memperlihatkan siapa dirinya dan apa tugas perutusannya.
3. Pemimpin Perayaan Sakramen biasanya pejabat resmi Gereja, yaitu Imam.

Sedangkan untuk Sakramentali:
1. Sakramentali bukan liturgi atau ibadat yang resmi sebagaimana halnya Sakramen.
2. Dalam Ibadat Sakramentali Gereja tidak menyatakan dirinya secara resmi.
3. Pemimpin Ibadat Sakramentali tidak harus selalu Imam, kecuali Sakramentali tertentu yang malah harus Uskup (Contoh: Pentahbisan Abas, Pem-berkatan Gedung Gereja, Tahbisan Uskup, dll.).

Selain perbedaan di atas, masih ada perbedaan lain, yaitu bahwa di dalam Sakramen dikenal istilah: Forma Sacramenti, sementara dalam Sakramentali tidak ada. Forma Sacramenti adalah rumusan kata-kata yang harus diucapkan pada saat pelayanan atau penerimaan suatu Sakramen secara sah. Setiap Sakramen mempunyai forma sacramenti sendiri yang tidak dapat diubah-ubah. Contohnya: Untuk Perayaan Ekaristi, forma sacramentinya: Seluruh Doa Syukur Agung. Untuk Pembaptisan: "., aku membaptis kamu dalam nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus", dll.

Makna Ibadat Sakramentali

1. Sakramentali disebut mirip dengan Sakramen, karena Sakramentali juga menggunakan aneka simbol yang dipakai dalam Sakramen. Contoh: percikan air suci untuk pemberkatan, mirip dengan Sakramen Baptis. Pemberkatan makanan mirip dengan Perayaan Ekaristi, makanan mirip roti dan anggur. Ibadat pertunangan, mirip dengan Sakramen Perkawinan, karena menyangkut seorang pria dan wanita.

2. Sakramentali merupakan perayaan kerinduan akan Sakramen, karena selalu diarahkan kepada perayaan Sakramen tetapi juga perayaan yang mengalir dari perayaan Sakramen. Contoh: Pemberkatan dengan air suci, terarah pada dan mengalir dari Sakramen Baptis. Doa untuk orang sakit, terarah kepada perayaan Sakramen Pengurapan orang sakit.

3. Sakramentali menandakan karunia yang bersifat rohani. Ibadat Sakramentali pertama-tama lebih melambangkan karunia rohani yang bersifat batiniah. Setelah itu ada sebagian Ibadat Sakra-mentali yang memang memberikan status sosial tertentu. Contoh: kita bandingkan antara pembap-tisan dengan pemberkatan di dahi dengan tanda salib. Sakramen Baptis tidak hanya memberikan karunia rohani yakni persatuan dengan Tuhan Yesus dan pengangkatan sebagai Anak Allah tetapi juga memberikan status yuridis sebagai Anggota Gereja, sedangkan Pemberkatan di dahi dengan tanda salib tidak memiliki efek yuridis apa-apa, namun lebih menandakan karunia rohani bahwa orang itu milik Kristus dan dilindungi olehNya. Sakramentali tertentu meski pertama-tama menandakan karunia rohani, juga memberikan status baru, misal: meja sudah menjadi Altar, jangan untuk makan; gedung sudah menjadi gereja, jangan dipakai untuk tempat tinggal.

4. Sakramentali itu menandakan karunia rohani yang diperoleh berkat doa permohonan Gereja. Dalam Ibadat Sakramentali yang pokok adalah tindakan doa permohonan Gereja, sedangkan Sakramen, bukan hanya tindakan Gereja saja, melainkan terutama tindakan Kristus, yang karunia rahmat sakramentalnya diperoleh menurut makna Ex Opere Operato (berkat perayaan itu sendiri). Meski imannya berdosa sakramennya tetap sah diterimakan karena sebenarnya Kristus sendiri yang bertindak sebagai pelayanan Sakramen. Ibadat Sakramentali lebih merupakan suatu permohonan Gereja yang seluruh rahmat karunianya melulu tergantung pada Allah.

Para Liturgi

Selain Sakramen dan Sakramentali, ada yang disebut Paraliturgi, yaitu kebaktian atau Devosi untuk mendukung kehidupan rohani. Paraliturgi tidak termasuk liturgi resmi meskipun terdapat unsur-unsur ibadat atau liturgi. Yang termasuk paraliturgi yaitu: Pemujaan Sakramen Maha Kudus (Salve), Ibadat persiapan Sakramen Tobat, Ibadat Jalan Salib, Doa Rosario, Drama Kisah Sengsara, dll. Paraliturgi dan Sakramentali keduanya juga sering disebut dengan Ibadat Berkat.

Kita sudah mengenal bersama tentang pengertian ibadat sakramentali, perbedaan sakramen dengan sakramentali, makna ibadat sakramentali dan paraliturgi. Semoga kita dapat lebih memahaminya pada saat mengikuti Perayaan Sakramen atau Ibadat Sakramentali. Pada edisi minggu depan kita akan melanjutkan pembahasan tentang Aneka Ragam Ibadat Sakramentali. (JAD).
SHARE THIS: Bagikan artikel ini ke teman-teman Facebook Anda






 Liturgi Lainnya :



    Download BULIR

Edisi 21 Agustus 2016
BULIR edisi 21 Agustus 2016


    Info/Pengumuman

  • Pengumuman Paroki (21 Agustus 2016) :
  • Akan ditahbiskan menjadi imam 7 Frater Diakon, yaitu:
  • . Fr. Diakon Yohanes Fery, CM dari Paroki St. Mikhael, Tanjung Baung.
  • . Fr. Diakon Yohanes Kukuh Cahyawicaksono, CM dari Paroki St. Willibrordus, Cepu.
  • . Fr. Diakon Maria Andreas Wicaksono Karismaningtyas Jatmiko, CM dari Paroki St. Maria, Blitar.
  • . Fr Diakon Antonius Hari Purnanto, CM dari Paroki Sta. Maria Dengan Tidak Bernoda Asal, Tulungagung.
  • . Fr. Diakon Adi Wardoyo, CM dari Paroki Katedral Keluarga Kudus, Banjarmasin.
  • . Fr. Diakon Daniel Ortega Galed, CM dari Paroki Katedral Hati Kudus Yesus, Sanggau.
  • . Fr. Diakon Yosafat Roni Sentosa, CM dari Paroki St. Monfort, Serawai
  • Apabila umat mengetahui halangan bagi para calon tersebut untuk menerima Tahbisan Imam, mohon memberitahu Romo Paroki.
  • Jadwal Petugas Liturgi, untuk Hari Minggu minggu depan,Wilayah: LOURDES, EFESUS, DAMASKUS, TAMAN ZAITUN, KORINTUS.
  • Jadwal Lektor Misa Harian Minggu ini: Senin- Christian Erick Sutanto; Selasa- Fransiska Melisa Gunawan; Rabu- Vinsensia Kartika Taurusia; Kamis- Katarina Yosita; Jumat- Adrianus Rimbi; Sabtu- Laurensia Elvina Cikita Agustin.
  • Dibuka kelas baru Katekumen Dewasa angkatan 25, pelajaran dimulai pada hari Senin, 22 Agustus. Informasi dapat menghubungi Sekretariat Paroki.
  • PDKK. Paroki St. Marinus Yohanes, diadakan hari Rabu, 10 Agustus, pk 19.00 WIB; pembawa firman Ibu Yovita Baskoro. (Pelayanan Doa dapat menghubungi / SMS Ke 081703066688).
  • Doa Koronka Kerahiman Ilahi pada hari Jumat, 12 Agustus; pk. 17.00; di dalam gereja.
  • Latihan Pemazmur diadakan pada hari Minggu, 14 Agustus; pk. 11.30 WIB; di dalam gereja.
  • Sie Katekese mengundang semua Katekese Voluntir, Koordinator AI Wilayah, Pemandu Senior dalam Pembelajaran Lanjutan dengan tema 'Dasar-dasar Iman Katolik', pada hari Senin, 22 Agustus; pk. 19.00; di Wisma Marinus; nara sumber Romo Sigit.
  • Pertemuan Lansia Simeon pada hari Sabtu, 27 Agustus; pk. 09.00 WIB; di Wisma Marinus. Acara rutin ada Seminar Kesehatan oleh team Unihealth, pembicara Bp. Ardi dari Jakarta, dengan tema 'Sehat Harta Yang Utama'. Memakai seragam biru.
  • Sosialisasi BKSN I pada hari Senin, 29 Agustus; pk. 19.00 WIB; di Wisma Marinus.
  • Dibuka Pendaftaran Baru 'Kursus Menjahit WKRI Cab. STMJ Tingkat Pemula.' Kursus dimulai tanggal 20 Agustus. Informasi Ibu Agustin (08123004430), Ibu Paulinus (081357235461), Ibu Sonya (081235061169).
  • Seksi PENDIDIKAN Membutuhkan Donatur/Orang Tua Asuh Pendidikanbagi siswa dari keluarga kurang mampu melalui program DIAN-OTA STMY, formulir kesediaan bisa diambil di sekretariat.
  • Dalam Rangka Perayaan HUT ke-20 Paroki St Marinus Yohanes, Panitia mengadakan beberapa kegiatan sbb :
  • 1. TECHNICAL MEETING Lomba Permainan Tradisional pada hari Minggu, 07 Agustus; pk. 19.00; di Aula Maria, mohon kehadiran Para Ketua Wilayah dan Peserta Lomba termasuk DPP, BGKP dan Team Karyawan Gereja. Pengumuman ini sebagai UNDANGAN
  • 2. Lomba Permainan Tradisional pada hari Rabu. 17 Agustus. Peserta antar Wilayah, Team DPPH & BGKP dan Team Karyawan Gereja / Satpam.
  • 3. kegiatan pada hari Senin, 12 September:
  • - Pkl. 05.30 SENAM KESEGARAN JASMANI bersama seluruh umat Paroki di Halaman Parkir.
  • - Pkl. 07.00 LOMBA POCO-POCO antar Wilayah dan Team DPPH, Romo & BGKP
  • - Pkl. 09.00 LOMBA MASAK BAPAK-BAPAK antar Wilayah dan Team DPPH, Romo & BGKP
  • 4. TALK SHOW Sejarah Perkembangan Paroki St. Marinus Yohanes pada hari Minggu, 16 Oktober.
  • 5. Misa Syukur HUT dan Panggung Gembira serta Launching Buku Kenangan 20 tahun STMY pada hari Minggu, 23 Oktober.
  • 6. Bagi Umat yang ingin mengucapkan SELAMAT ULANG TAHUN Ke-20 Paroki St Marinus Yohanes dan yang ingin memasang iklan di BUKU KENANGAN 20 TAHUN PAROKI STMY, dapat menghubungi Panitia didepan gereja sehabis misa atau dengan SMS / WA ke 081330692199 - Bpk. EDY dan bisa transfer pembayaran ke BCA 329.101 5849 a/n. GO LINGGAWATI GUNAWAN dengan mencantumkan pembayaran iklan ukuran dan atas nama siapa. Disain iklan dapat di email ke: meliacom@sby.dnet.net.id dan juga mencantumkan bukti pembayaran. BUKU KENANGAN ini akan terbit disaat perayaan Puncak HUT tgl. 23 Oktober.
  • OMK akan mengadakan Catholic Youth Weekend dengan tema 'My Journey' pada tanggal 10-12 September, di Ubaya Training Center. Usia peserta 17-35 tahun (belum menikah). Biaya pendaftaran Rp 150.000,-. Pendaftaran dapat dilakukan di stand pendaftaran CYW (depan gereja) tiap sabtu dan minggu setelah selesai Misa. CP: Dessy (081803010408) dan Agatha (087853715356).
  • PDPKK Hati Kudus Yesus mengadakan Seminar Hidup Dalam Roh pada tanggal 8-11 Agustus; pk. 18.00; di Catholic Centre (Jl Bengawan no.3). Pendaftaran : Ibu Ida Tjokro - 08563337789/03156112277, Ibu Lina- 0811329635 / 085100612265, Ibu Lenny - 085103127171, Sdri Deasy - 083830191899.
  • Sumbangan untuk Panti Tanggal 20-26 Juli: NN, Wasis Kusuma, Marcelina, Liana, dr.Kartini, Jackson, Timotio Santos, Felia & Budi, Ibu Vera, Tantyo, Ibu Wito, Ibu Riyanti, Antonnyus Eddy, Jeanny Rusdiah, Ambaryanti Setiobu, Roaewati, Heni Yuniatutik, Irenion Thie, Dwi Meinindah, Maitri Serodjawati, Heny Rusiana, The Florentina, Johanes K, Jeny Lesmana Santo, Tjeng Siok Ing. Terimakasih atas partisipasinya. Rekening Panti Asuhan Benih Kasih: BCA a/c 3893896666 a/n Tandya Sukmana/Selvyna Thia.


  • Pengumuman Paroki (21 Agustus 2016) :
  • Akan ditahbiskan menjadi imam 7 Frater Diakon, yaitu:
  • . Fr. Diakon Yohanes Fery, CM dari Paroki St. Mikhael, Tanjung Baung.
  • . Fr. Diakon Yohanes Kukuh Cahyawicaksono, CM dari Paroki St. Willibrordus, Cepu.
  • . Fr. Diakon Maria Andreas Wicaksono Karismaningtyas Jatmiko, CM dari Paroki St. Maria, Blitar.
  • . Fr Diakon Antonius Hari Purnanto, CM dari Paroki Sta. Maria Dengan Tidak Bernoda Asal, Tulungagung.
  • . Fr. Diakon Adi Wardoyo, CM dari Paroki Katedral Keluarga Kudus, Banjarmasin.
  • . Fr. Diakon Daniel Ortega Galed, CM dari Paroki Katedral Hati Kudus Yesus, Sanggau.
  • . Fr. Diakon Yosafat Roni Sentosa, CM dari Paroki St. Monfort, Serawai
  • Apabila umat mengetahui halangan bagi para calon tersebut untuk menerima Tahbisan Imam, mohon memberitahu Romo Paroki.
  • Jadwal Petugas Liturgi, untuk Hari Minggu minggu depan,Wilayah: LOURDES, EFESUS, DAMASKUS, TAMAN ZAITUN, KORINTUS.
  • Jadwal Lektor Misa Harian Minggu ini: Senin- Christian Erick Sutanto; Selasa- Fransiska Melisa Gunawan; Rabu- Vinsensia Kartika Taurusia; Kamis- Katarina Yosita; Jumat- Adrianus Rimbi; Sabtu- Laurensia Elvina Cikita Agustin.
  • Dibuka kelas baru Katekumen Dewasa angkatan 25, pelajaran dimulai pada hari Senin, 22 Agustus. Informasi dapat menghubungi Sekretariat Paroki.
  • PDKK. Paroki St. Marinus Yohanes, diadakan hari Rabu, 10 Agustus, pk 19.00 WIB; pembawa firman Ibu Yovita Baskoro. (Pelayanan Doa dapat menghubungi / SMS Ke 081703066688).
  • Doa Koronka Kerahiman Ilahi pada hari Jumat, 12 Agustus; pk. 17.00; di dalam gereja.
  • Latihan Pemazmur diadakan pada hari Minggu, 14 Agustus; pk. 11.30 WIB; di dalam gereja.
  • Sie Katekese mengundang semua Katekese Voluntir, Koordinator AI Wilayah, Pemandu Senior dalam Pembelajaran Lanjutan dengan tema 'Dasar-dasar Iman Katolik', pada hari Senin, 22 Agustus; pk. 19.00; di Wisma Marinus; nara sumber Romo Sigit.
  • Pertemuan Lansia Simeon pada hari Sabtu, 27 Agustus; pk. 09.00 WIB; di Wisma Marinus. Acara rutin ada Seminar Kesehatan oleh team Unihealth, pembicara Bp. Ardi dari Jakarta, dengan tema 'Sehat Harta Yang Utama'. Memakai seragam biru.
  • Sosialisasi BKSN I pada hari Senin, 29 Agustus; pk. 19.00 WIB; di Wisma Marinus.
  • Dibuka Pendaftaran Baru 'Kursus Menjahit WKRI Cab. STMJ Tingkat Pemula.' Kursus dimulai tanggal 20 Agustus. Informasi Ibu Agustin (08123004430), Ibu Paulinus (081357235461), Ibu Sonya (081235061169).
  • Seksi PENDIDIKAN Membutuhkan Donatur/Orang Tua Asuh Pendidikanbagi siswa dari keluarga kurang mampu melalui program DIAN-OTA STMY, formulir kesediaan bisa diambil di sekretariat.
  • Dalam Rangka Perayaan HUT ke-20 Paroki St Marinus Yohanes, Panitia mengadakan beberapa kegiatan sbb :
  • 1. TECHNICAL MEETING Lomba Permainan Tradisional pada hari Minggu, 07 Agustus; pk. 19.00; di Aula Maria, mohon kehadiran Para Ketua Wilayah dan Peserta Lomba termasuk DPP, BGKP dan Team Karyawan Gereja. Pengumuman ini sebagai UNDANGAN
  • 2. Lomba Permainan Tradisional pada hari Rabu. 17 Agustus. Peserta antar Wilayah, Team DPPH & BGKP dan Team Karyawan Gereja / Satpam.
  • 3. kegiatan pada hari Senin, 12 September:
  • - Pkl. 05.30 SENAM KESEGARAN JASMANI bersama seluruh umat Paroki di Halaman Parkir.
  • - Pkl. 07.00 LOMBA POCO-POCO antar Wilayah dan Team DPPH, Romo & BGKP
  • - Pkl. 09.00 LOMBA MASAK BAPAK-BAPAK antar Wilayah dan Team DPPH, Romo & BGKP
  • 4. TALK SHOW Sejarah Perkembangan Paroki St. Marinus Yohanes pada hari Minggu, 16 Oktober.
  • 5. Misa Syukur HUT dan Panggung Gembira serta Launching Buku Kenangan 20 tahun STMY pada hari Minggu, 23 Oktober.
  • 6. Bagi Umat yang ingin mengucapkan SELAMAT ULANG TAHUN Ke-20 Paroki St Marinus Yohanes dan yang ingin memasang iklan di BUKU KENANGAN 20 TAHUN PAROKI STMY, dapat menghubungi Panitia didepan gereja sehabis misa atau dengan SMS / WA ke 081330692199 - Bpk. EDY dan bisa transfer pembayaran ke BCA 329.101 5849 a/n. GO LINGGAWATI GUNAWAN dengan mencantumkan pembayaran iklan ukuran dan atas nama siapa. Disain iklan dapat di email ke: meliacom@sby.dnet.net.id dan juga mencantumkan bukti pembayaran. BUKU KENANGAN ini akan terbit disaat perayaan Puncak HUT tgl. 23 Oktober.
  • OMK akan mengadakan Catholic Youth Weekend dengan tema 'My Journey' pada tanggal 10-12 September, di Ubaya Training Center. Usia peserta 17-35 tahun (belum menikah). Biaya pendaftaran Rp 150.000,-. Pendaftaran dapat dilakukan di stand pendaftaran CYW (depan gereja) tiap sabtu dan minggu setelah selesai Misa. CP: Dessy (081803010408) dan Agatha (087853715356).
  • PDPKK Hati Kudus Yesus mengadakan Seminar Hidup Dalam Roh pada tanggal 8-11 Agustus; pk. 18.00; di Catholic Centre (Jl Bengawan no.3). Pendaftaran : Ibu Ida Tjokro - 08563337789/03156112277, Ibu Lina- 0811329635 / 085100612265, Ibu Lenny - 085103127171, Sdri Deasy - 083830191899.
  • Sumbangan untuk Panti Tanggal 20-26 Juli: NN, Wasis Kusuma, Marcelina, Liana, dr.Kartini, Jackson, Timotio Santos, Felia & Budi, Ibu Vera, Tantyo, Ibu Wito, Ibu Riyanti, Antonnyus Eddy, Jeanny Rusdiah, Ambaryanti Setiobu, Roaewati, Heni Yuniatutik, Irenion Thie, Dwi Meinindah, Maitri Serodjawati, Heny Rusiana, The Florentina, Johanes K, Jeny Lesmana Santo, Tjeng Siok Ing. Terimakasih atas partisipasinya. Rekening Panti Asuhan Benih Kasih: BCA a/c 3893896666 a/n Tandya Sukmana/Selvyna Thia.


  • Pengumuman Paroki (21 Agustus 2016) :
  • Akan ditahbiskan menjadi imam 7 Frater Diakon, yaitu:
  • . Fr. Diakon Yohanes Fery, CM dari Paroki St. Mikhael, Tanjung Baung.
  • . Fr. Diakon Yohanes Kukuh Cahyawicaksono, CM dari Paroki St. Willibrordus, Cepu.
  • . Fr. Diakon Maria Andreas Wicaksono Karismaningtyas Jatmiko, CM dari Paroki St. Maria, Blitar.
  • . Fr Diakon Antonius Hari Purnanto, CM dari Paroki Sta. Maria Dengan Tidak Bernoda Asal, Tulungagung.
  • . Fr. Diakon Adi Wardoyo, CM dari Paroki Katedral Keluarga Kudus, Banjarmasin.
  • . Fr. Diakon Daniel Ortega Galed, CM dari Paroki Katedral Hati Kudus Yesus, Sanggau.
  • . Fr. Diakon Yosafat Roni Sentosa, CM dari Paroki St. Monfort, Serawai
  • Apabila umat mengetahui halangan bagi para calon tersebut untuk menerima Tahbisan Imam, mohon memberitahu Romo Paroki.
  • Jadwal Petugas Liturgi, untuk Hari Minggu minggu depan,Wilayah: LOURDES, EFESUS, DAMASKUS, TAMAN ZAITUN, KORINTUS.
  • Jadwal Lektor Misa Harian Minggu ini: Senin- Christian Erick Sutanto; Selasa- Fransiska Melisa Gunawan; Rabu- Vinsensia Kartika Taurusia; Kamis- Katarina Yosita; Jumat- Adrianus Rimbi; Sabtu- Laurensia Elvina Cikita Agustin.
  • Dibuka kelas baru Katekumen Dewasa angkatan 25, pelajaran dimulai pada hari Senin, 22 Agustus. Informasi dapat menghubungi Sekretariat Paroki.
  • PDKK. Paroki St. Marinus Yohanes, diadakan hari Rabu, 10 Agustus, pk 19.00 WIB; pembawa firman Ibu Yovita Baskoro. (Pelayanan Doa dapat menghubungi / SMS Ke 081703066688).
  • Doa Koronka Kerahiman Ilahi pada hari Jumat, 12 Agustus; pk. 17.00; di dalam gereja.
  • Latihan Pemazmur diadakan pada hari Minggu, 14 Agustus; pk. 11.30 WIB; di dalam gereja.
  • Sie Katekese mengundang semua Katekese Voluntir, Koordinator AI Wilayah, Pemandu Senior dalam Pembelajaran Lanjutan dengan tema 'Dasar-dasar Iman Katolik', pada hari Senin, 22 Agustus; pk. 19.00; di Wisma Marinus; nara sumber Romo Sigit.
  • Pertemuan Lansia Simeon pada hari Sabtu, 27 Agustus; pk. 09.00 WIB; di Wisma Marinus. Acara rutin ada Seminar Kesehatan oleh team Unihealth, pembicara Bp. Ardi dari Jakarta, dengan tema 'Sehat Harta Yang Utama'. Memakai seragam biru.
  • Sosialisasi BKSN I pada hari Senin, 29 Agustus; pk. 19.00 WIB; di Wisma Marinus.
  • Dibuka Pendaftaran Baru 'Kursus Menjahit WKRI Cab. STMJ Tingkat Pemula.' Kursus dimulai tanggal 20 Agustus. Informasi Ibu Agustin (08123004430), Ibu Paulinus (081357235461), Ibu Sonya (081235061169).
  • Seksi PENDIDIKAN Membutuhkan Donatur/Orang Tua Asuh Pendidikanbagi siswa dari keluarga kurang mampu melalui program DIAN-OTA STMY, formulir kesediaan bisa diambil di sekretariat.
  • Dalam Rangka Perayaan HUT ke-20 Paroki St Marinus Yohanes, Panitia mengadakan beberapa kegiatan sbb :
  • 1. TECHNICAL MEETING Lomba Permainan Tradisional pada hari Minggu, 07 Agustus; pk. 19.00; di Aula Maria, mohon kehadiran Para Ketua Wilayah dan Peserta Lomba termasuk DPP, BGKP dan Team Karyawan Gereja. Pengumuman ini sebagai UNDANGAN
  • 2. Lomba Permainan Tradisional pada hari Rabu. 17 Agustus. Peserta antar Wilayah, Team DPPH & BGKP dan Team Karyawan Gereja / Satpam.
  • 3. kegiatan pada hari Senin, 12 September:
  • - Pkl. 05.30 SENAM KESEGARAN JASMANI bersama seluruh umat Paroki di Halaman Parkir.
  • - Pkl. 07.00 LOMBA POCO-POCO antar Wilayah dan Team DPPH, Romo & BGKP
  • - Pkl. 09.00 LOMBA MASAK BAPAK-BAPAK antar Wilayah dan Team DPPH, Romo & BGKP
  • 4. TALK SHOW Sejarah Perkembangan Paroki St. Marinus Yohanes pada hari Minggu, 16 Oktober.
  • 5. Misa Syukur HUT dan Panggung Gembira serta Launching Buku Kenangan 20 tahun STMY pada hari Minggu, 23 Oktober.
  • 6. Bagi Umat yang ingin mengucapkan SELAMAT ULANG TAHUN Ke-20 Paroki St Marinus Yohanes dan yang ingin memasang iklan di BUKU KENANGAN 20 TAHUN PAROKI STMY, dapat menghubungi Panitia didepan gereja sehabis misa atau dengan SMS / WA ke 081330692199 - Bpk. EDY dan bisa transfer pembayaran ke BCA 329.101 5849 a/n. GO LINGGAWATI GUNAWAN dengan mencantumkan pembayaran iklan ukuran dan atas nama siapa. Disain iklan dapat di email ke: meliacom@sby.dnet.net.id dan juga mencantumkan bukti pembayaran. BUKU KENANGAN ini akan terbit disaat perayaan Puncak HUT tgl. 23 Oktober.
  • OMK akan mengadakan Catholic Youth Weekend dengan tema 'My Journey' pada tanggal 10-12 September, di Ubaya Training Center. Usia peserta 17-35 tahun (belum menikah). Biaya pendaftaran Rp 150.000,-. Pendaftaran dapat dilakukan di stand pendaftaran CYW (depan gereja) tiap sabtu dan minggu setelah selesai Misa. CP: Dessy (081803010408) dan Agatha (087853715356).
  • PDPKK Hati Kudus Yesus mengadakan Seminar Hidup Dalam Roh pada tanggal 8-11 Agustus; pk. 18.00; di Catholic Centre (Jl Bengawan no.3). Pendaftaran : Ibu Ida Tjokro - 08563337789/03156112277, Ibu Lina- 0811329635 / 085100612265, Ibu Lenny - 085103127171, Sdri Deasy - 083830191899.
  • Sumbangan untuk Panti Tanggal 20-26 Juli: NN, Wasis Kusuma, Marcelina, Liana, dr.Kartini, Jackson, Timotio Santos, Felia & Budi, Ibu Vera, Tantyo, Ibu Wito, Ibu Riyanti, Antonnyus Eddy, Jeanny Rusdiah, Ambaryanti Setiobu, Roaewati, Heni Yuniatutik, Irenion Thie, Dwi Meinindah, Maitri Serodjawati, Heny Rusiana, The Florentina, Johanes K, Jeny Lesmana Santo, Tjeng Siok Ing. Terimakasih atas partisipasinya. Rekening Panti Asuhan Benih Kasih: BCA a/c 3893896666 a/n Tandya Sukmana/Selvyna Thia.


    Pengumuman Perkawinan

  • Pengumuman Ketiga:
  • Liem Hendra Julian Limanhadi (Nusa barong, Malang) dengan Agatha Avelea Isada (Babatan Pantai Barat 4)
  • Andi Gunawan Kwan (Bratang Binangun VI) dengan Maria Emerentiana Christine Natalia (Laguna Barat A).
  • Benedictus Hardiknas Resmi Saputra (Kendengsidialit 4, Welahan) dengan Margaretha Maria Diana Kartikasari (Suripto).
  • Theodore Sugiharto Kwari (Kramat Gantung) dengan Innocentia Chitania (Mulyosari BPD D) .
  • Vinsensius de Paul Viky Hartanto (Semampir Barat II) dengan Eldora Benedicta Vivie Risalina (Lebak Indah Utara III).
  • Antonius Adi Nugraha Djajawikarta (Pesapen Selatan) dengan Natalia Tamara Moriska (Palm Beach Malibu Beach F-5/10).
  • Yohanes Ricky Elfaranza Kurniawan (Simorejo) dengan Yuliana Annastasia Liera Kusuma (Sutorejo Prima Utara PZ).
  • Vinsensius Valens Lamury Hadjon (San Diego M9) dengan Scolastika Maharani Viona Djawaria (Kota Rowido-Paroki San Juan Lebao Tengah).

Umat yang mengetahui halangan mereka untuk menikah wajib memberitahukan kepada Romo.


  • Pengumuman Ketiga:
  • Liem Hendra Julian Limanhadi (Nusa barong, Malang) dengan Agatha Avelea Isada (Babatan Pantai Barat 4)
  • Andi Gunawan Kwan (Bratang Binangun VI) dengan Maria Emerentiana Christine Natalia (Laguna Barat A).
  • Benedictus Hardiknas Resmi Saputra (Kendengsidialit 4, Welahan) dengan Margaretha Maria Diana Kartikasari (Suripto).
  • Theodore Sugiharto Kwari (Kramat Gantung) dengan Innocentia Chitania (Mulyosari BPD D) .
  • Vinsensius de Paul Viky Hartanto (Semampir Barat II) dengan Eldora Benedicta Vivie Risalina (Lebak Indah Utara III).
  • Antonius Adi Nugraha Djajawikarta (Pesapen Selatan) dengan Natalia Tamara Moriska (Palm Beach Malibu Beach F-5/10).
  • Yohanes Ricky Elfaranza Kurniawan (Simorejo) dengan Yuliana Annastasia Liera Kusuma (Sutorejo Prima Utara PZ).
  • Vinsensius Valens Lamury Hadjon (San Diego M9) dengan Scolastika Maharani Viona Djawaria (Kota Rowido-Paroki San Juan Lebao Tengah).

Umat yang mengetahui halangan mereka untuk menikah wajib memberitahukan kepada Romo.


  • Pengumuman Ketiga:
  • Liem Hendra Julian Limanhadi (Nusa barong, Malang) dengan Agatha Avelea Isada (Babatan Pantai Barat 4)
  • Andi Gunawan Kwan (Bratang Binangun VI) dengan Maria Emerentiana Christine Natalia (Laguna Barat A).
  • Benedictus Hardiknas Resmi Saputra (Kendengsidialit 4, Welahan) dengan Margaretha Maria Diana Kartikasari (Suripto).
  • Theodore Sugiharto Kwari (Kramat Gantung) dengan Innocentia Chitania (Mulyosari BPD D) .
  • Vinsensius de Paul Viky Hartanto (Semampir Barat II) dengan Eldora Benedicta Vivie Risalina (Lebak Indah Utara III).
  • Antonius Adi Nugraha Djajawikarta (Pesapen Selatan) dengan Natalia Tamara Moriska (Palm Beach Malibu Beach F-5/10).
  • Yohanes Ricky Elfaranza Kurniawan (Simorejo) dengan Yuliana Annastasia Liera Kusuma (Sutorejo Prima Utara PZ).
  • Vinsensius Valens Lamury Hadjon (San Diego M9) dengan Scolastika Maharani Viona Djawaria (Kota Rowido-Paroki San Juan Lebao Tengah).

Umat yang mengetahui halangan mereka untuk menikah wajib memberitahukan kepada Romo.


    Rekening Bank :
    >> Renovasi Gereja

BCA Cab. Mulyosari Surabaya
no rek. 3893891885
a.n. Puji Murcahyo Yohanes / Kang Swie Tjen


    >> Panti BENIH KASIH

BCA Cab. Mulyosari Surabaya
no rek. 3893896666
a.n. Tandya Sukmana / Selvyna


    Link


GEREJA KATOLIK PAROKI ST. MARINUS YOHANES
Jl. Memet Sastrawirya no 1 Telp/Fax. 031-3893891 / 3818675 - Surabaya 60121, Jawa Timur
e-Mail: sekretariat@marinusyohanes.org     Web: www.marinusyohanes.org

Copyright © 2009-2016 Gereja Katolik Paroki St. Marinus Yohanes. All right reserved.